2024-07-23

SGOnline

Bersinar & Informatif

Penindakan Knalpot Tidak Sesuai Spesifikasi, Langkah Kepolisian untuk Menjaga Ketertiban di Kabupaten Cirebon

1 min read

Cirebon – (SGOnline),-
Upaya untuk menegakkan ketertiban dan keamanan masyarakat, kepolisian turut serta dalam penertiban knalpot yang tidak sesuai spesifikasi di Kabupaten Cirebon. Langkah awal dilakukan dengan berkoordinasi dengan Kasat Lantas untuk mengamankan knalpot-knalpot yang melanggar aturan lalu lintas.

“Penindakan knalpot tidak sesuai spesifikasi telah dilaksanakan sejak pertengahan Januari hingga April 2024. Kami berhasil mengamankan sebanyak 1034 knalpot yang tidak memenuhi spesifikasi teknis,” ungkap Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni, pada Selasa (30/4/2024).

Kombes Pol. Sumarni menyebutkan bahwa keluhan maasyarakat terhadap kebisingan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi menjadi alasan utama dari tindakan tegas ini. “Knalpot yang tidak sesuai spesifikasi tidak hanya melanggar undang-undang, tetapi juga mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Cirebon, Kompol Mohammad Ardi Wibowo, menjelaskan bahwa kegiatan penindakan knalpot tidak sesuai spesifikasi dilakukan secara serentak di Jawa Barat dan seluruh Indonesia atas perintah langsung dari Kapol Lantas.

“Kami akan terus melaksanakan penindakan hingga waktu yang tidak ditentukan karena knalpot tidak sesuai spesifikasi sangat mengganggu kenyamanan masyarakat,” kata Kompol Ardi.

Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, dua monumen udang dari knalpot-knalpot yang tidak sesuai spesifikasi telah dibangun di Kabupaten Cirebon. Tujuan dari pembangunan ini adalah untuk menjadi pengingat bagi masyarakat agar mematuhi aturan lalu lintas dan tidak menggunakan knalpot yang melanggar spesifikasi teknis.

Kegiatan penindakan knalpot tidak sesuai spesifikasi juga melibatkan kerjasama dengan sekolah-sekolah untuk mengedukasi para pelajar agar tidak menggunakan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Upaya ini bertujuan untuk menciptakan ketertiban berlalu lintas yang lebih baik di Kabupaten Cirebon.

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *