PT KAI Daop 3 Cirebon Catat Kenaikan Jumlah Penumpang Hingga 27,3% di Semester I 2024
CIREBON, (SGOnline),–
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon mencatat pemberangkatan pelanggan KA selama semester 1 tahun 2024 sebanyak 995.491 penumpang, sementara pelanggan yang tiba di wilayah Daop 3 Cirebon mencapai 962.830 penumpang. Total pelanggan yang dilayani selama semester I 2024 mencapai 1.958.321 penumpang, naik 27,3% dibandingkan semester I 2023 yang hanya 1.537.801 penumpang.
Manager Humas Daop 3 Cirebon Rokhmad Makin Zainul menyatakan, “Selama semester I 2024, Daop 3 Cirebon mengangkut sebanyak 155.445 penumpang pada Januari, 156.469 penumpang pada Februari, 134.920 penumpang pada Maret, 210.478 penumpang pada April, 163.561 penumpang pada Mei, dan 174.618 penumpang pada Juni. Puncak kepadatan penumpang terjadi di bulan April 2024 karena adanya momen libur Hari Raya Idul Fitri,” jelas Rokhmad.
Stasiun dengan keberangkatan pelanggan tertinggi di wilayah Daop 3 pada semester I 2024 meliputi Stasiun Cirebon dengan 358.429 penumpang, Stasiun Cirebonprujakan dengan 211.863 penumpang, Stasiun Jatibarang dengan 128.621 penumpang, Stasiun Brebes dengan 108.214 penumpang, dan Stasiun Haurgeulis dengan 63.572 penumpang.
Jumlah penumpang berdasarkan kelas pada semester I 2024 terdiri dari 240.903 penumpang kelas eksekutif, 75.296 penumpang kelas bisnis, dan 679.292 penumpang kelas ekonomi. Dibandingkan dengan periode yang sama pada 2023 yang mencatat 778.431 penumpang, terjadi peningkatan sebesar 27,8%.
Rokhmad mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas kepercayaan mereka menggunakan layanan transportasi kereta api. “KAI akan menjaga kepercayaan tersebut dengan terus meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi,” tambahnya. Peningkatan layanan yang telah dilakukan oleh KAI Daop 3 Cirebon antara lain pengoperasian Face Recognition Gate di Stasiun Cirebon, penyediaan layanan minum gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta penataan beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon.
“KAI Daop 3 Cirebon akan terus melakukan perbaikan di seluruh lini guna meningkatkan pelayanan bagi pelanggan serta keselamatan perjalanan kereta api. Dengan upaya peningkatan kualitas secara kontinyu ini, kami berharap kereta api dapat menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan,” tandas Rokhmad.
(Andi/SGO)