2024-05-18

SGOnline

Bersinar & Informatif

Posko Angkutan Lebaran Dukungan Bersama Masyarakat dan Komunitas Railfans

2 min read

Cirebon, (SGOnline),-
Masa posko Angkutan Lebaran tahun ini, yang berlangsung mulai tanggal 31 Maret hingga 21 April 2024, menjadi momen penting bagi PT KAI Daop 3 Cirebon. Dengan menggerakkan seluruh sumber daya yang dimiliki, PT KAI Daop 3 Cirebon bertekad untuk mensukseskan dan melancarkan kegiatan tersebut.

Namun, sorotan khusus jatuh pada beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon. Di sana, terlihat anak-anak sekolah dan mahasiswa aktif membantu penumpang, terutama lansia dan penumpang berkebutuhan khusus. Mereka memberikan informasi tentang kedatangan dan keberangkatan kereta kepada para penumpang di stasiun.

“KAI Daop 3 Cirebon melibatkan peran 3 komunitas Railfans, diantaranya seperti Indonesian Railways Preservation Society (IRPS), Komunitas Edan Sepur, dan Komunitas Railfans Daop 3 (KRD3) untuk mendukung kesuksesan posko Angkutan Lebaran 2024,” ungkap Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul, Jumat (12/4/2024).

Lebih dari 40 anggota komunitas railfans saat ini terlibat dalam pelayanan posko Angkutan Lebaran di 4 stasiun terpenting, yaitu Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Jatibarang, dan Stasiun Haurgeulis.

Mereka membantu dalam berbagai aktivitas, mulai dari memberikan informasi jadwal kereta api, mengarahkan penumpang yang kebingungan, hingga membantu penumpang lansia dan difabel. Kehadiran mereka juga memberikan semangat tambahan bagi para pekerja KAI.

Rokhmad menambahkan, “Kami sangat mengapresiasi kegigihan mereka yang ikut mendukung KAI dalam mensukseskan angkutan lebaran 2024. Mereka dengan keikhlasan, sukarela, beramal membantu kelancaran mudik pelanggan KA, padahal saat ini adalah waktu libur sekolah bagi mereka.”

Salah satu anggota komunitas, Dimas, menjelaskan bahwa keikutsertaannya didasari oleh cinta pada kereta api. “Kami ingin kereta api semakin dicintai masyarakat,” ungkapnya. Terlibat tidak hanya dalam Angkutan Lebaran, mereka juga aktif dalam kegiatan-kegiatan KAI lainnya seperti posko angkutan Nataru, acara bakti sosial, dan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang.

Keterlibatan Pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselamatan serta keamanan perkeretaapian sangat diperlukan. Hal ini penting untuk mewujudkan perjalanan kereta api yang aman, nyaman, dan selamat sehingga perjalanan mudik dapat berlangsung dengan ceria dan penuh makna.

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *