2024-05-18

SGOnline

Bersinar & Informatif

KAI Berikan Pelayanan Lost and Found Selama Angkutan Lebaran 2024

2 min read

Cirebon, (SGOnline),-
Kereta Api Indonesia (KAI) terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa kereta api, khususnya selama masa Angkutan Lebaran tahun ini. Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan adalah melalui Layanan Lost and Found, yang bertujuan untuk membantu penumpang yang kehilangan barang di dalam kereta api atau di sekitar lingkungan stasiun.

Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul, mengungkapkan bahwa selama periode Angkutan Lebaran hingga saat ini, KAI Daop 3 mencatat 6 kasus penemuan barang yang tertinggal baik di stasiun maupun di dalam rangkaian kereta api. Barang-barang yang tertinggal tersebut memiliki nilai beragam, mulai dari dompet, surat-surat penting, hingga perangkat elektronik seperti ponsel dan laptop.

Bagi para penumpang yang kehilangan barang, mereka dapat melaporkannya kepada kondektur di dalam kereta api, petugas pengamanan Polsuska di stasiun, atau melalui Contact Center KAI 121. Setelah dilaporkan, KAI akan segera melakukan pencarian barang tersebut. Jika barang ditemukan, akan langsung dikembalikan kepada pemiliknya. Namun, jika belum ditemukan, KAI akan memberikan konfirmasi melalui telepon terkait progres penanganan barang hilang.

PT KAI juga memberikan pengumuman atas penemuan barang melalui pengeras suara di stasiun. Jika tidak ada yang mengambil barang setelah pengumuman, barang akan disimpan di pos pengamanan stasiun dan dimasukkan ke dalam Database Lost and Found. Dengan demikian, diharapkan sistem ini dapat mempermudah pencarian barang hilang sesuai dengan deskripsi yang telah dilaporkan oleh penumpang.

Sistem pendataan Lost and Found KAI telah terhubung secara online dan dapat diakses di berbagai stasiun, sehingga pelapor dapat melaporkan barang hilang di seluruh stasiun dengan lebih mudah. Dengan adanya pelayanan ini, diharapkan pengalaman perjalanan para penumpang dapat tetap nyaman dan aman selama masa Angkutan Lebaran.

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *