2024-06-20

SGOnline

Bersinar & Informatif

Merah Putih untuk Persatuan Bangsa, Gerakan Pembagian Bendera di Kota Cirebon

2 min read

Cirebon, (SGOnline),-
Memperingati Hari Lahir Pancasila, Pemerintah Kota Cirebon melaksanakan gerakan pembagian bendera merah putih dengan durasi yang lebih lama dibandingkan tahun sebelumnya. Gerakan ini diharapkan dapat memperkuat kesadaran masyarakat akan pentingnya persatuan, terutama menjelang pemilihan umum kepala daerah serta pemilihan umum tahun 2024.

Pj. Walikota Cirebon, H. Agus Mulyadi, menegaskan pentingnya gerakan ini dalam meningkatkan partisipasi dan swadaya masyarakat. “Kami menggalang partisipasi dari berbagai elemen, baik individu, kelompok, organisasi kemasyarakatan, unsur pemerintah, maupun swasta. Kami mengajak semua pihak untuk mendukung gerakan ini dengan menyumbangkan bendera merah putih berukuran 90 cm x 60 cm, minimal 32 bendera, melalui Badan Satuan Bangsa dan Politik Kota Cirebon. Bendera-bendera ini akan kami distribusikan ke seluruh wilayah Kota Cirebon,” ujar Agus Mulyadi.

Dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia menyampaikan pidato yang menekankan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara yang menyatukan bangsa Indonesia. Tema peringatan tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Satu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung makna bahwa Pancasila menyatukan kita dalam keberagaman suku, agama, budaya, dan bahasa menuju Indonesia yang maju, mandiri, dan berdaulat pada 100 tahun kemerdekaan nanti.

Dalam pidatonya, Kepala BPIP menyatakan bahwa Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang mengandung nilai-nilai luhur seperti toleransi dan gotong royong. “Pancasila harus senantiasa menjadi pedoman agar ideologi ini dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia,” kata Kepala BPIP. Beliau juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Selain itu, perkembangan teknologi informasi yang pesat juga menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia. “Pancasila harus menjadi filter agar bangsa ini tidak mengalami disorientasi di masa depan,” tambah Kepala BPIP. Beliau menekankan pentingnya memanfaatkan teknologi informasi untuk menyebarkan konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Usai upacara, Pj. Walikota H. Agus Mulyadi membagikan bendera merah putih kepada peserta upacara. Dalam sambutannya, ia mengingatkan kembali tentang pentingnya peringatan Hari Lahir Pancasila dan gerakan pembagian bendera merah putih. “Ini adalah bagian dari kita untuk terus mempertahankan persatuan di tengah keberagaman yang ada di Indonesia,” ujar Agus Mulyadi.

Pj. Walikota juga menyampaikan bahwa target pembagian bendera kali ini adalah minimal 1.000 bendera. Setiap lembaga diharapkan dapat menyumbangkan minimal 30 bendera. “Kami berharap merah putih bisa berkibar di seluruh wilayah Kota Cirebon, dan kami semua harus menjaga agar bendera tersebut tetap tegak,” tambahnya.

Dengan semangat gotong royong dan persatuan, gerakan ini diharapkan dapat memperkuat rasa kebangsaan dan cinta tanah air di tengah masyarakat, sehingga Indonesia dapat terus maju dan sejahtera.

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *