KAI Daop 3 Cirebon Siap Sambut Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 dengan Langkah Strategis
Cirebon, (SGOnline),–
Menyambut periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan perjalanan kereta api di wilayah operasionalnya.
Mohamad Arie Fathurrochman, Vice President Daop 3 Cirebon, menyatakan bahwa KAI berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan selama masa angkutan Nataru, terutama melalui peningkatan kesiapan prasarana kereta api. “Prasarana kereta api memegang peranan penting untuk memastikan perjalanan kereta berjalan lancar, tepat waktu, dan aman,” ujar Arie.
Sebagai langkah antisipasi, KAI Daop 3 Cirebon telah memetakan sembilan titik Daerah Pemantauan Khusus (Dapsus) yang berpotensi rawan banjir dan memiliki kontur tanah labil. Selain itu, berbagai upaya telah dilakukan untuk meminimalisir potensi gangguan perjalanan akibat cuaca musim penghujan, seperti:
Normalisasi saluran air untuk mencegah penumpukan sampah.
Perkuatan penahan tanah menggunakan retaining wall dan bronjong di area pengawasan khusus.
Penempatan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di 17 titik strategis, termasuk Stasiun Pabuaran, Pasirbungur, Jatibarang, Cirebon, hingga Songgom.
AMUS ini terdiri dari peralatan kerja darurat dan material seperti bantalan kayu dan beton, karung pasir, penambat rel, serta batu balas yang siap digunakan untuk tindakan cepat jika terjadi gangguan di jalur kereta.
Selain itu, KAI Daop 3 Cirebon juga menambah petugas ekstra, termasuk Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) dan petugas pemantau khusus, untuk meningkatkan pengawasan selama periode Nataru.
“Periode Angkutan Natal dan Tahun Baru merupakan momen penting di mana seluruh insan KAI akan memberikan kinerja terbaik. Kami berkomitmen menghadirkan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi pelanggan,” tutup Arie.
Langkah-langkah ini diharapkan dapat memastikan operasional kereta api berjalan lancar selama musim liburan, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang menggunakan layanan KAI.
(Andi/SGO)