2022-10-07

SGOnline

Bersinar & Informatif

Azis: Kemajemukan dan Keragaman Jadi Modal Kekuatan Kota Cirebon

2 min read

CIREBON, (SGOnline).-

Kemajemukan dan keragaman menjadi kekuatan di Kota Cirebon. Keharmonisan antarumat beragama di Kota Cirebon menjadi modal dalam pembangunan.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, H Nashrudin Azis, saat pelantikan pengurus Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pespawari) Daerah (LPPD) Kota Cirebon periode 2021-2026 di lantai 1 lobi gedung Sekretariat Daerah Kota Cirebon, Kamis (30/9/2021). “Kota Cirebon sejak dulu dikenal dengan keberagamannya,” ungkap Azis.

Kemajemukan dan keberagaman itu justru menjadi ciri khas masyarakat Kota Cirebon hingga kini. “Kemajemukan dan keberagaman juga menjadi kekuatan agar Kota Cirebon selalu aman, damai dan dinamis,” tutur Azis.

Melalui pelantikan pengurus LPPD Kota Cirebon, Azis berharap akan terwujud keharmonisan antarsesama umat beragama. Dengan keharmonisan antarumat beragama, maka pembangunan juga dapat berjalan dengan baik bahkan lebih maju dibandingkan sebelumnya.

Pada kesempatan itu, Azis juga meminta agar LPPD tidak hanya fokus pada ajang-ajang perlombaan gereja. Tetapi juga dituntut untuk aktif dalam kegiatan keagamaan yang dapat meningkatkan cinta tanah air dan bangsa.

“Sesungguhnya tugas LPPD yaitu melakukan pembinaan umat kristiani dalam rangka mewujudkan nilai-nilai keagamaan yang terkandung dalam Pancasila,” katanya.

Azis juga yakin pengurus yang dilantik hari ini memiliki kapasitas dan kemampuan yang hebat. Sehingga mampu membawa LPPD Kota Cirebon tidak hanya berkompetisi namun juga berkontribusi dalam pembangunan umatnya.

Pengembangan potensi

Sementara itu, Ketua Umum LPPD Provinsi Jabar, Risnawai H Sitorus mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Cirebon, H Nashrudin Azis, dan jajaran Pemda Kota Cirebon yang telah menyediakan waktu untuk melakukan pelantikan ini.

Melalui pelantikan ini Risnawai juga berpesan agar rasa persaudaraan antar umat beragam semakin direkatkan. “Persatuan dan kesatuan bangsa dari sisi keagamaan semakin direkatkan,” tutur Risnawai.

Sedangkan Ketua LPPD Kota Cirebon, Aris Herlinawati, bersyukur dengan pelantikan pengurus LPPD Kota Cirebon hari ini. “Kami akan menyusun program untuk pengembangan potensi, terutama paduan suara,” ucapnya.

Tahun depan direncanakan mereka akan mengikuti kompetisi Pesparawi nasional XIII di Yogyakarta. Selain itu, mereka juga memiliki program pengembangan di bidang-bidang lainnya. “Kami akan bekerja sama dengan lintas iman,” ujar dia. (Herwin/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.