2024-02-27

SGOnline

Bersinar & Informatif

Atasi Abrasi dan Dukung Lingkungan Hijau, Kadis LH Pimpin Penanaman Mangrove

1 min read

Cirebon, (SGOnline),-
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Lh) Cirebon, dr. Yuni Darti, memimpin kegiatan penanaman mangrove di sepanjang pantai Cirebon hari ini. Kegiatan ini, yang merupakan bagian dari upaya tahunan, bertujuan untuk menghijaukan kembali Indonesia dan mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

Dr. Yuni Darti menjelaskan bahwa meskipun Cirebon telah memiliki pemecah ombak di sekitar pantai, abrasi masih sering terjadi. Dampak dari abrasi ini semakin meningkat setiap tahun, dan penanaman mangrove dianggap sebagai salah satu solusi efektif untuk mengurangi dampak tersebut.

“Kita memiliki garis sepadan pantai di Cirebon, dan abrasi sering terjadi. Penanaman mangrove menjadi langkah penting untuk mengurangi efek abrasi dan menjaga lingkungan agar tetap layak dihuni,” ujarnya, Selasa (28/11/2023).

Kadis Lingkungan Hidup juga menyoroti kendala utama, yaitu kurangnya pemeliharaan setelah penanaman pertama. Namun, ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Lurah Kebun Baru dan Kecamatan yang telah membentuk kelompok tani untuk mengurus pemeliharaan mangrove.

“Kita berterima kasih kepada ibu Lurah Kebun Baru dan Bapak Kecamatan yang telah membentuk kelompok tani. Ini diharapkan dapat menjadi solusi agar upaya kita dalam mengatasi abrasi dan menjaga lingkungan dapat berlangsung secara berkelanjutan,” tambahnya.

Dalam kegiatan hari ini, Cirebon mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk CSR dari Bank BNI, PT Arida, dan dukungan dari CDK Wilayah 8 Jawa Barat. Selain itu, kelurahan dan kecamatan turut aktif dalam mendukung kegiatan ini.

“Saya berharap dengan keterlibatan banyak unsur, termasuk kelompok tani yang telah terbentuk, kita dapat menjaga keberlanjutan kehidupan mangrove ini. Ini menjadi langkah penting dalam antisipasi abrasi dan menjaga lingkungan kita,” pungkasnya.

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *