2024-04-13

SGOnline

Bersinar & Informatif

Waspada, Dunia Makin Panas Mei-September 2023

2 min read

Oleh Jeremy Huang Wijaya

ADA pepatah 养生就是感恩生命
Yǎngshēng jiùshì gǎn’ēn shēngmìng artinya menjaga kesehatan berarti menghargai dan mensyukuri kehidupan.

Dengan kedatangan El Nino ini, maka angin yang bertiup ke barat di sepanjang ekuator akan melambat dan air hangat akan terdorong ke timur, menciptakan suhu permukaan laut lebih panas.

Menurut Burgess, kedatangan El Nino tidak hanya membuat suhu global kemungkinan memecahkan rekor, tapi juga muncul fenomena cuaca ekstrem. “Perkiraannya adalah kita cenderung melihat kejadian yang lebih ekstrem yang kemungkinan akan lebih intens juga,” jelasnya.

Tahun terpanas di dunia yang tercatat sejauh ini adalah 2016, bertepatan dengan El Nino yang kuat. Di sisi lain, perubahan iklim juga memicu suhu ekstrem bahkan di tahun tanpa fenomena itu. Delapan tahun terakhir memecahkan rekor delapan rekor terpanas di dunia, mencerminkan tren pemanasan jangka panjang yang didorong emisi gas rumah kaca.

“Jika El Nino benar-benar berkembang, ada kemungkinan besar tahun 2023 akan lebih panas dari tahun 2016, mengingat dunia terus menghangat karena manusia terus membakar bahan bakar fosil,” kata ilmuwan.

El Nino mengakibatkan kematian karena suhu panas dan menghambat pertumbuhan ekonomi dunia karena gagal panen

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), pada saat El Nino melanda, temperatur global bisa meningkat sekitar 0,2 derajat Celcius. Sebagai dampaknya, gelombang panas mungkin melanda dan musim panas juga lebih panjang.

Menurut Departemen Meteorologi Thailand, suhu udara dalam 24 jam sejak Sabtu (22/4) mencapai 43 derajat Celcius, terutama di kawasan utara Negara Gajah Putih itu. Sedangkan suhu di ibu kota Thailand, Bangkok, juga disebut bisa mencapai 40 derajat Celsius.

Di Phuket, indeks panas diprediksi bisa mencapai 54 derajat Celsius. Indeks panas tidak mengindikasikan suhu sebenarnya, namun warga dapat merasakan panas seperti 54 derajat Celsius apabila ditambah dengan kelembaban udara.

Yang harus diantisipasi di bulan Mei-September 2023 adalah naiknya harga harga karena banyaknya gagal panen akibat adanya suhu panas yang terjadi.

Suhu panas akan membuat dehidrasi tubuh, mengakibatkan aneka penyakit tubuh. Suhu panas akan mengakibatkan penyakit kulit. Sariawan dan bibir pecah pecah.

Di saat cuaca panas konsumsi kelapa muda dan vitamin C untuk menjaga suhu tubuh. Jangan minum air es di suhu panas tetapi konsumsilah air hangat. Karena air es mengakibatkan suhu tubuh semakin panas tetapi minum air panas menetralkan suhu tubuh. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *