2024-07-23

SGOnline

Bersinar & Informatif

Warga Cangkol Tengah Kerja Bakti Bersihkan Sampah di Saluran Air

1 min read

Cirebon, (SGOnline),- Warga RW 05 Cangkol Tengah, Kelurahan/Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, melaksanakan kerja bakti membersihkan sampah yang menyumbat saluran air.

Kerja bakti dilakukan pada Minggu pagi (28/5/2023), dipimpin Ketua RW 05 Cangkol Tengah, Agus Septian. Hadir pula tokoh pemuda pegiat lingkungan, Fuad Hasan Basri.

Kegiatan ini melibatkan para warga dari RT 1 hingga RT 8 di RW 05 Cangkol Tengah. Selain pemuda, ada pula kader dan pengurus RT maupun RW.

“Kami pengurus RW, RT, pemuda dan para warga solid bergerak bersama mewujudkan lingkungan yang bersih di RW 05 Cangkol Tengah. Bahwa telah disebutkan kebersihan adalah sebagian dari iman. Kebersihan membuat terciptanya hidup sehat,” tandas Agus Septian didampingi Sekretaris RW, Ogie Gilang Ramadhan.

Sampah, lanjutnya, salah satu masalah yang sering terjadi di RW 05 Cangkol Tengah. Sampah juga menyumbat dan menghalangi kelancaran saluran air.

“Karena itu, kami membersihkan sampah di saluran air dan sekitar rumah-rumah warga. Kegiatan ini juga upaya mencegah terjadinya kasus demam berdarah dengue (DBD). Bila lingkungan bersih, kita berharap kesehatan warga juga tercipta,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Fuad Hasan Basri mengharapkan dukungan nyata dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon. Peran aktif dari instansi pemerintah lebih memudahkan harapan mewujudkan terciptanya lingkungan bersih dan sehat.

“Dinas Lingkungan Hidup tentu punya peralatan yang lebih lengkap dalam mendukung membersihkan sampah di lingkungan kami,” tandasnya.

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *