2024-04-13

SGOnline

Bersinar & Informatif

Warga Bungko Gelar Pesta Laut, Bacaleg Nasdem Novi Widiarti Ikut Hadir

2 min read

Kabupaten, (SGOnline),- Menikmati makan di rumah makan, restoran, kafe dan warung, mungkin sudah biasa. Makan di perahu di tengah laut mungkin sangat jarang dilakukan.

Momen ini dirasakan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Kabupaten Cirebon dari Partai Nasdem, Novi Widiarti.

Pengalaman langka itu terjadi pada saat Novi ikut dalam Pesta Laut warga Bungko, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, pada Selasa (2/5/2023.

Usai menyaksikan acara sakral pelarungan kepala kerbau, warga menikmati nasi tumpeng dan bekakak ayam bakar. Ada juga ijoan, bukur plus lalap sambal.

Pesta Laut warga Bungko berjalan lancar dan aman. Ratusan warga menaiki puluhan perahu ke tengah laut melakukan tradisi warisan leluhur.

Sebelum puluhan perahu melaju ke laut, dilakukan doa bersama. Acara ini pun mendapat pengawalan dari TNI AL dan aparat lainnya.

Hadir pula Kuwu Desa Bungko, Joni Iskandar beserta jajaran aparat desa dan tokoh masyarakat setempat.

“Syukur alhamdulillah, pesta laut berlangsung lancar dan aman. Ini tradisi leluhur yang terus dilestarikan, saya apresiasi. Intinya memohon doa dan sebagai rasa syukur atas rejeki yang Allah SWT berikan kepada para nelayan dan warga. Harapannya, tentu saja hasil tangkapan ikan makin banyak dan mendapat rejeki lebih banyak ke depannya,” ujar Novi Widiarti.

Novi mengucapkan terima kasih kepada warga Bungko yang memberi kesempatan ikut dalam proses pesta laut, bahkan sampai naik perahu ke tengah laut.

Kuwu Joni Iskandar mengatakan, pesta laut merupakan tradisi leluhur. Dari dulu, para nelayan melakukan kebiasaan tersebut.

“Ini sebagai wujud syukur atas berkah yang Allah SWT berikan kepada kami para nelayan dan warga Bungko. Kami pun berdoa agar ke depan rejekinya makin lancar dan lebih besar,” pungkas Joni.

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *