2022-12-05

SGOnline

Bersinar & Informatif

Wabup Ayu Berharap Desa Sindangkasih Beber Raih Juara 1 Lomba PKK Tingkat Jabar

2 min read

CIREBON, (SGOnline).-

Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, menghadiri Rechecking 5 lomba 10 Program Pokok PKK Jabar di Desa Sindangkasih Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon, Senin (18/10/2021).

Seperti diketahui, Desa Sindangkasih Kecamatan Beber menjadi desa terbaik Se-Kabupaten Cirebon yang mewakili Kabupaten Cirebon untuk mengikuti 5 lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Provinsi Jabar. “Semoga Desa Sindangkasih Kecamatan Beber bisa meraih juara pertama 5 lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Provinsi Jawa Barat ,” kata Wabup Ayu.

Ayu menjelaskan, TP PKK tingkat Kabupaten Cirebon, kecamatan dan desa mempunyai peran aktif dalam pembangunan daerah.

Menurutnya, Tim Pengerak PKK merupakan lembaga kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat. Mitra kerja pemerintah desa yang berfungsi sebagai fasilitator perencana pelaksana dan pengendali dan bergerak untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

“Dalam kontek keluarga, sangat berarti dalam proses pembangunan. Karena kondisi objektif keluarga merupakan parameter bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Dengan demikian, untuk dapat membina keluarga secara langsung dibentuklah gerakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga oleh TP PKK,” kata Ayu.

Ayu mengungkapkan, gerakan PKK di era globalisasi ini dituntut bisa menumbuhkembangkan sikap dan perilaku untuk kemandirian pribadi, keluarga dan masyarakat agar tidak keliru menerima arus globalisasi.

“TP PKK tantangannya sangatlah banyak, mulai perkembangan sumber daya manusia, pemanfaatan sumber daya alam, ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu perlu adanya ketahanan keluarga sebagai alternatif untuk mewujudkan keluarga sejahtera,” tambahnya.

Bekerja keras

Sementara itu, Ketua Rechecking 5 lomba 10 Program Pokok PKK Provinsi Jawa Barat, Setiasih mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada TP PKK Desa Sindangkasih Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon yang sudah bekerja keras untuk mengikuti lomba meski di masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, hal ini memberikan gambaran kalau TP PKK dalam menjalankan tugas dan perannya turut serta memperjuangakan demi terwujudnya kesejahteraan keluarga dengan tetap semangat meski harus menghadapi pandemi Covid-19.

“Pelaksanaan 5 lomba 10 Program Pokok PKK dan lomba lainnya setiap tahun dilaksanakan. Ini merupakan program TP PKK Provinsi Jabar tahun 2021. Yang merupakan bagian dari pembinaan dengan prinsip terarah, terus menerus dan berkesinambungan dengan meningkatkan kapasitas SDM PKK,” kata Setiasih.

Setiasih mengungkapkan, hal terpenting dalam lomba ini yakni bisa menjadikan ajang wahana silaturahmi untuk mempererat komunikasi antar anggota PKK baik tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa.

“Di dalam kegiatan ini juga bisa ikut mempromosikan hasil kreatifitas, menggali, mengelola dan memanfaatkan sumber daya lokal yang akan menghasilkan¬†produk dengan nilai ekonomi tinggi yang berdampak kepada ekonomi masyarakat,” katanya. (Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *