2024-07-23

SGOnline

Bersinar & Informatif

Ribuan Kader PPKBD Kabupaten Cirebon Harus Aktif Lakukan Penyuluhan

2 min read

Kabupaten, (SGOnline),- Ribuan Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub Kader PPKBD, mengikuti kegiatan pembinaan dan silaturahmi dengan Bupati Cirebon, Drs H Imron, M.Ag.

Menurut Imron, para kader PPKBD ini memiliki peran penting di tengah masyarakat. Diantaranya yaitu memberikan penyuluhan terkait KB dan juga pencegahan stunting.

Imron mengatakan, kader PPKBD harus terus aktif memberikan arahan kepada warga, untuk bisa menjadi keluarga yang sehat dan sejahtera.

“Salah satunya yaitu dengan mengikuti KB dan menjaga kesehatan saat hamil,” kata Imron, Selasa 30 Mei 2023.

Dalam pertemuan tersebut, kader PPKBD juga minta difasilitasi alat transportasi dan komunikasi, sebagai fasilitas penyuluhan kepada warga.

Menurut Imron, hal tersebut memang dibutukan oleh para kader. Apalagi saat ini, laporan dan komunikasi yang cepat sangat dibutuhkan. Namun, untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut dengan jumlah kader yang cukup banyak, perlu dipertimbangkan terlebih dahulu.

“HP saat ini memang kebutuhan, apalagi para kader. Tapi jumlah kader ini kan ribuan, anggarannya belum memadai untuk itu,” kata Imron.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlundungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Cirebon, Hj Enny Suhaeni menyampaikan, bahwa jumlah PPKBD di Kabupaten Cirebon saat ini, tercatat sebanyak 2.750 kader.

Jumlah tersebut kata Enny, tersebar di 412 desa dan 12 kelurahan di Kabupaten Cirebon. Saat ini, mereka fokus dalam penyuluhan KB dan juga penanganan stunting.

“Jumlah PPKBD disetiap desa berbeda, tergantung dari jumlah Posyandu yang ada,” ujar Enny.

Menurut Enny, peran dari PPKBD dalam membantu pemerintah, sangat terasa. Karena para kader ini, yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Sehingga dirinya berharap, pertemuan dengan Pak Bupati pada hari ini, bisa memotivasi para kader untuk bisa lebih aktif.

“Harapannya, para kader bisa menjadi lebih aktif lagi,” tandas Enny.

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *