2024-04-13

SGOnline

Bersinar & Informatif

Ratusan Warga Protes di Depan Balai Desa Surakarta, Tuntut Kepala Desa Mundur

1 min read

Kabupaten, (SGOnline),-
Ratusan warga berkumpul di depan Balai Desa Surakarta, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, untuk menyampaikan kekecewaan mereka terhadap kepemimpinan Kepala Desa Surakarta yang dianggap merugikan warga. Mereka menuntut agar kepala desa tersebut mengundurkan diri dari jabatannya.

Mereka mengekspresikan kemarahan mereka atas berbagai masalah yang terjadi di desa mereka. Beberapa proses administrasi dianggap dipersulit dan bahkan dilakukan pungli, seperti pungutan sebesar 300 ribu rupiah untuk izin tanda tangan yang diperlukan oleh warga yang ingin bekerja di luar negeri.

Selain itu, para perangkat desa juga merasa tidak adil karena bantuan tunjangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang seharusnya mereka terima sebesar 1,7 juta rupiah per tahun, namun hanya diberikan sebesar 500 ribu rupiah.

Hamdan Satniko, salah seorang warga, menegaskan bahwa tindakan tersebut merugikan masyarakat dan perangkat desa secara keseluruhan. Mereka menuntut agar kepala desa bertanggung jawab atas ketidakadilan ini dan segera mundur dari jabatannya.

Di sisi lain, Kepala Desa Surakarta membantah semua tuduhan yang dilontarkan oleh warga yang melakukan unjuk rasa tersebut. Dia menegaskan bahwa pihaknya telah bertindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tidak melakukan tindakan yang merugikan warga.

Aksi unjuk rasa yang menuntut kepala desa untuk mundur ini mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian Polres Cirebon Kota, demi menjaga agar situasi tetap terkendali dan tidak terjadi gesekan yang lebih besar.

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *