2022-10-07

SGOnline

Bersinar & Informatif

PT KAI Daop 3 Cirebon Titip Salam Rindu bagi Para Penumpang Cilik

4 min read

CIREBON, (SGOnline).-

Dalam rangka menyambut HUT Kereta Api Ke-76, Selasa, 28 September 2021, PT KAI Daop 3 Cirebon bersama Komunitas “Edan Sepur” menyelenggarakan kegiatan pemberian oleh–oleh berupa boneka secara gratis kepada para penumpang KA di Stasiun Cirebon. Adapun tujuan dari pemberian oleh–oleh ini adalah sebagai dukungan penyemangat kepada anak–anak agar tetap “Stay At Home” dengan mengurangi mobilitas, agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Hingga saat ini, sesuai Surat Edaran Kemenhub No. 69 Th 2021, Pelanggan KA Jarak Jauh di bawah usia 12 tahun untuk sementara waktu tidak diperkenankan melakukan perjalanan. Sedangkan bagi para pelanggan KA Jarak Jauh di atas usia 12 tahun, diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Pelanggan KA juga wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif RT-PCR maksimal 2×24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1×24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

“Dalam rangka menyambut HUT KA Ke-76, PT KAI Daop 3 Cirebon bersama komunitas Edan Sepur membagikan sebanyak 500 paket boneka dengan beraneka ragam bentuk kepada para penumpang KA secara gratis di Stasiun Cirebon. Adapun tujuan dari oleh–oleh boneka ini, sebagai bentuk dukungan penyemangat kepada anak – anak untuk mengurangi mobilitas agar terhindar dari penyebaran Covid-19, dimana untuk saat ini bagi pelanggan di bawah usia 12 tahun belum diperkenankan melakukan perjalanan dengan kereta api,” jelas Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon di sela kegiatan pembagian oleh–oleh gratis di Stasiun Cirebon.

Sebagai Kado bagi masyarakat Indonesia, di Hari Ulang Tahun Kereta Api Ke-76, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan berbagai inovasi pada layanan KA penumpang. Inovasi tersebut berupa percepatan waktu tempuh, penyediaan layanan wifi gratis, dan penyediaan layanan Live Cooking di atas KA.

Bentuk inovasi dalam menyambut HUT Kereta Api Ke-76 ini, di antaranya:

  1. KAI melakukan percepatan waktu tempuh pada perjalanan KA Argo Bromo Anggrek (Gambir – Surabaya Pasar Turi pp), Argo Lawu (Gambir – Solo Balapan pp), Argo Dwipangga (Gambir – Solo Balapan pp), dan Taksaka (Gambir – Yogyakarta pp).

Percepatan perjalanan ini bertujuan untuk memenuhi harapan pelanggan yang memerlukan waktu perjalanan yang lebih cepat. Percepatan ini dapat diraih melalui peningkatan kemampuan prasarana sehingga kereta mampu melaju lebih cepat namun tetap mengutamakan keselamatan perjalanan.

Misalnya untuk rute Gambir – Yogyakarta pp perjalanannya kini lebih singkat menjadi hanya sekitar 6 jam saja dari sebelumnya sekitar 7 jam dengan menggunakan KA Argo Lawu dan Argo Dwipangga. Sedangkan Argo Bromo Anggrek rute Gambir – Surabaya Pasar Turi pp setelah pada 1 Juni 2021 telah dikurangi 14 menit, kali ini kembali dikurangi 19-20 menit sehingga kini waktu tempuhnya menjadi 8 jam 10 menit.

Peningkatan kecepatan

Adapun peningkatan puncak kecepatan di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon di antaranya:

  • Lintas Cikampek – Cilegeh dari 105 km/jam menjadi 115 km/jam.
  • Lintas Cilegeh – Cirebon dari 100 km/jam menjadi 105 km/jam.
  • Lintas Cirebon Prujakan – Prupuk dari 105 km/jam menjadi 120 km/jam.
  • Lintas Cirebon – Tegal dari 110 km/jam menjadi 120 km/jam.

“Dengan adanya peningkatan kecepatan tersebut, kami menghimbau kepada para pelanggan KA di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon agar menyesuaikan kembali waktu tiba dan waktu keberangkatan KA yang terbaru. Sebagai Contoh KA Taksaka (KA 82C) relasi Gambir – Yogyakarta yang sebelumnya berangkat dari Stasiun Cirebon jam 12:07 WIB, sekarang menjadi jam 11.40 WIB,” Jelas Suprapto.

  1. KAI meluncurkan layanan Wifi Gratis pada KA Argo Bromo Anggrek, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Argo Wilis, Taksaka, dan Argo Parahyangan. Hadirnya wifi gratis bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di era digital. Dengan Wifi gratis, pelanggan tetap dapat beraktivitas seperti bekerja, mengakses konten hiburan, dan berkomunikasi selama dalam perjalanan. Saat berada di kereta, pelanggan dapat memilih SSID wifi dengan nama #FreeWi-fi:MacroAd untuk dapat mengakses wifi gratis selama perjalanan.
  2. KAI meluncurkan layanan Live Cooking pada KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, Taksaka, dan Argo Wilis. Setelah sebelumnya dihadirkan pada KA Argo Bromo Anggrek pada 1 Juni 2021, KAI kembali menambah layanan live cooking pada KA-KA lainnya atas dasar respon masyarakat yang positif. Berbagai menu andalan dihadirkan dengan cara Live Cooking di atas Kereta Api yaitu Nasi Goreng Parahyangan Legend, Mie Godog Jawa, Mie Goreng Jawa, dan Nasi Sei Sapi. KAI Services menghadirkan koki-koki pilihan yang akan memasak di atas kereta api secara higienis, profesional, dan tetap memperhatikan keselamatan.

Selain langsung ke kereta makan, pemesanan hidangan pada kereta makan juga dapat dilakukan melalui WhatsApp di 0811-1061-2121 atau cukup melalui aplikasi KAI Access. Inovasi ini merupakan bentuk integrasi layanan KAI Services pada KAI Access untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan.

Saat ini jumlah penumpang KA Jarak jauh di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon pada periode 1 s/d 28 September 2021 di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon mencapai 20.427 penumpang.

“Semoga kondisi pandemi cepat berakhir dan membaik, sehingga aktifitas masyarakat bisa kembali pulih. Dengan begitu, mobilitas masyarakat bisa kembali normal. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kita dapat mewujudkan transportasi massal yang aman, nyaman dan tepat waktu,” tutur Suprapto. (Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.