2024-07-23

SGOnline

Bersinar & Informatif

PT KAI Daop 3 Cirebon Gelar Pengobatan Gratis dengan Rail Clinic

2 min read

Cirebon, (SGOnline),–
Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon kembali mengadakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan menyelenggarakan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis menggunakan kereta kesehatan (Rail Clinic) bagi masyarakat di sekitar jalur kereta api.

Menurut Vice President Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana, kegiatan Bakti Sosial Rail Clinic ini kembali digelar setelah sebelumnya diadakan di Stasiun Pasirbungur pada 25 Oktober 2023. Kali ini, Rail Clinic hadir di Stasiun Ketanggungan, Kabupaten Brebes, untuk memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat sekitar.

“Rail Clinic merupakan inisiatif KAI untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat, terutama di daerah yang sulit dijangkau kendaraan bermotor,” ujar Dicky. Rail Clinic merupakan bagian dari program TJSL KAI yang bertujuan menjangkau daerah-daerah terpencil.

Pada kegiatan ini, Rail Clinic generasi keempat digunakan, terdiri dari empat kereta diesel. Dua kereta berfungsi sebagai Rail Clinic dengan layanan kesehatan primer seperti pemeriksaan umum, gigi, kesehatan ibu dan anak, kesehatan mata, apotek, penyuluhan kesehatan, dan pemeriksaan kebidanan lanjutan. Fasilitas tambahan seperti EKG, USG, dan laboratorium hematology analyzer juga tersedia.

Dua kereta lainnya berfungsi sebagai Rail Library, menyediakan perpustakaan manual dengan beragam buku untuk anak-anak hingga dewasa, serta e-library dengan enam monitor layar sentuh yang memuat berbagai bacaan, video edukatif, dan lagu anak-anak.

Dicky menambahkan, tim kesehatan yang disiapkan untuk Bakti Sosial Rail Clinic ini terdiri dari 4 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter kandungan, 2 bidan, 2 analis laboratorium, 3 analis kesehatan mata, 2 apoteker, serta 15 paramedis. Kegiatan ini juga melibatkan 10 tenaga untuk Rail Library dan 10 pecinta KA (Railfans) wilayah Daop 3 Cirebon.

Melalui pemerintah desa setempat, KAI Daop 3 Cirebon mengundang 200 warga sekitar jalur KA. Selain layanan kesehatan, KAI juga membagikan kacamata gratis kepada 30 siswa SMPN 1 Ketanggungan, serta 50 paket perlengkapan sekolah kepada siswa SDN 3 dan SDN 4 Jagapura Ketanggungan. Layanan kesehatan bagi 30 ibu hamil dan bantuan makanan tambahan untuk nutrisi kehamilan juga diberikan.

Kegiatan ini juga mencakup penyuluhan tentang keselamatan dan keamanan perjalanan KA. KAI Daop 3 Cirebon menghimbau masyarakat agar tidak melakukan kegiatan di sepanjang jalur KA yang berpotensi membahayakan keselamatan.

Selain itu, KAI memberikan edukasi kereta api (Edutrain) dan mengenalkan aplikasi Access by KAI kepada masyarakat Ketanggungan untuk mengakses layanan digital transportasi KA.

“Dengan kegiatan bakti sosial ini, diharapkan kesehatan warga sekitar jalur KA meningkat, kecintaan terhadap transportasi kereta api bertambah, serta kesadaran akan keselamatan perjalanan KA meningkat,” tutup Dicky.

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *