2024-07-23

SGOnline

Bersinar & Informatif

PJ Walikota Cirebon H. Agus Mulyadi, Semangat Tahun Baru Hijriyah dan Pilkada Serentak

2 min read

Cirebon, (SGOnline),–
Penjabat (PJ) Walikota Cirebon, H. Agus Mulyadi, memulai rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Cirebon dengan berbagai kegiatan religius dan kebudayaan yang mengakar pada tradisi dan sejarah kota.

“Bagian dari rangkaian hari jadi yang kita mulai hari ini dengan kegiatan salat asar berjamaah. Kenapa kemudian filosofi Ashar ini? Hari ini secara penanggalan Hijriyah adalah 28 Dzulhijjah dan sore hari setelah asar itu sudah masuk ke dalam 1 Muharram. Jadi kita mengawali dengan peralihan dari bulan Dzulhijjah ke Muharram dengan semangat tahun baru dan bagian dari peringatan karena memang Kota Cirebon merayakan 1 Muharram,” ujar Agus Mulyadi usai menggelar Salat Ashar Bersama di Masjid Agung Sang Tjiptarasa, Sabtu (6/7/2024).

Setelah salat asar berjamaah, kegiatan dilanjutkan dengan ziarah ke makam pendiri Cirebon di Sunan Gunung Jati.

“Mudah-mudahan ini menjadi bagian dari sebuah prosesi yang mengingatkan kita pada leluhur dan apa yang sudah diajarkan. Termasuk juga petatah petitih yang sering kita dengar, seperti membantu fakir miskin. Makanya kita mulai dari salat asar di masjid peninggalan beliau, lalu ziarah, dan besok kita lanjutkan dengan peringatan hari jadi,” jelasnya.

Tema Hari Jadi Kota Cirebon tahun ini adalah “Kota Cirebon Mukti Lan Mulia Selawase.” Agus berharap semangat ini dapat membawa berkah bagi kota dan warganya, terutama dalam menyongsong Pilkada serentak yang akan datang.

“Pada 27 November, Kota Cirebon akan ikut serta dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak. Semoga pelaksanaannya bisa berjalan lancar, langsung, umum, bebas, rahasia, dan kita bisa memiliki pemimpin yang amanah yang akan membawa Kota Cirebon Mukti Lan Mulia Selawase.”

Agus juga menyinggung visi pembangunan jangka panjang daerah yang tercantum dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

“Visi yang kita usung adalah maju, sejahtera, dan berkelanjutan. Saya berharap visi ini bisa disetujui dan dijalankan dengan baik,” tambahnya.

Sebagai penutup, Agus Mulyadi menegaskan komitmennya sebagai ASN yang ditugaskan oleh pemerintah pusat untuk melaksanakan pemerintahan transisi.

“Saya merasa terhormat menjadi bagian dari tugas ini. Sebagai ASN dan sekarang sebagai PJ Walikota, saya akan terus melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *