2023-01-28

SGOnline

Bersinar & Informatif

Pesisir Pantai Kesenden Kota Cirebon dalam Bayang-bayang Sampah

1 min read

CIREBON, (SGOnline).-

Kawasan Pesisir Pantai Kesenden Kota Cirebon terlihat cukup memprihatinkan karena sepanjang pinggiran pantai dipenuhi tumpukan sampah. Pantai yang semestinya terlihat indah, terusik dengan adanya sampah.

Lurah Kesenden, Ruliyanto menyebutkan, sejumlah faktor mempengaruhi penyebab terjadinya tumpukan sampah terbawa dari hulu Sungai Kedungpane. “Sampah tersebut terbawa aliran sungai sampai ke hilir dan menumpuk di pinggir laut,” katanya, Rabu (23/9/2021).

Hal lainnya, karena sampah yang berada di tengah laut lalu terdampar ke pinggiran pantai terbawa gelombang. “Banyak faktor sebetulnya. Itu yang menyebabkan garis bibir pantai Kesenden penuh sampah,” ungkapnya.

Untuk mengatasi permasalahan sampah, Kelurahan Kesenden akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon serta instansi terkait lainnya.

Sebelumnya, Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis menegaskan, akan memberikan sanksi denda maupun kurungan penjara bagi pelanggar lingkungan atau buang sampah sembarangan.

“Sebagai efek jera, Pemkot Cirebon meminta bantuan Polri terhadap penjatuhan sanksi. Jadi, kami akan minta Polres Cirebon Kota untuk membantu penegakan hukum dalam penanganan sampah untuk mem-back up Satpol PP yang menegakkan sanksi sesuai Perda,” tegasnya.

Azis menyebutkan, pantai di Kota Cirebon sepanjang 7 km sebenarnya bisa dijadikan potensi wisata. Apabila dikelola secara maksimal, tentu akan berdampak kepada roda perekonomian masyarakat. “Tapi ya syaratnya pantai harus bersih dari sampah supaya wisatawan mau datang,” ucapnya. (Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *