2024-07-23

SGOnline

Bersinar & Informatif

Peringatan Hari Jadi Cirebon ke-597, Ini Kata PJ. Wakolikota Cirebon.

2 min read

Cirebon, (SGOnline),-
Pagi yang penuh kenikmatan ini, alun-alun Kejaksaan menjadi saksi megahnya upacara peringatan hari jadi Cirebon yang ke-597. Dalam suasana yang hikmat, ribuan warga berkumpul untuk mengenang perjalanan panjang kota ini sejak didirikan. Hari ini, 1 Muharram 1446 Hijriyah atau tanggal 7 Juli 2024, menjadi momentum istimewa untuk mensyukuri pencapaian dan mempertegas komitmen dalam pembangunan yang berorientasi pada kemaslahatan masyarakat.

Perbedaan tahun ini dari perayaan sebelumnya terlihat dari penegasan resmi dalam Peraturan Daerah Nomor 24 tahun 1996, yang menetapkan hari jadi Cirebon pada tanggal 7 Juli 1961. Namun, melalui kajian mendalam dan penelusuran sejarah, hari jadi Cirebon dipastikan jatuh pada satu Muharram 849 Hijriyah. Ini adalah bukti dari keuletan dan dedikasi untuk menghargai sejarah serta nilai-nilai luhur yang dibawa oleh para pendahulu.

Dalam sambutannya, PJ. Walikota H. Agus Mulyadi, hadirin termasuk tokoh masyarakat dan pemimpin agama diberi penghargaan atas peran mereka dalam menjaga kejayaan dan kemajuan Cirebon. Kota ini tidak hanya merupakan simbol persatuan, tetapi juga tempat tumbuhnya kerukunan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang perikanan yang telah menjadi semangat gotong royong.

“Kemajuan daerah harus didukung oleh karakter pemimpin yang konstruktif,” ujar PJ. Walikota Cirebon, merujuk pada teladan Sunan Gunung Jati yang tidak hanya membangun wilayah tetapi juga sarana dan prasarana penting. Semangat untuk membangun lebih dari sekadar infrastruktur juga terwujud melalui upaya bersama masyarakat dalam menjaga kondisi fisik dan memperkuat sinergi.

Diakhir sambutannya, H. Agus Mulyadi, mengajak semua pihak untuk terus menghargai dan menghormati warisan yang ditinggalkan oleh para pendiri dan pemimpin terdahulu. Semangat ini menjadi tonggak penting dalam menyongsong masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Dengan kesadaran akan tanggung jawab bersama, hari ini diperingati bukan sekadar sebagai hari jadi, tetapi juga sebagai momen refleksi dan perenungan untuk membangun Kota Cirebon yang lebih baik. Selamat Hari Jadi Cirebon ke-597 dan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah. Semoga Allah senantiasa memberkahi upaya kita dalam melayani dan mensejahterakan masyarakat Kota Cirebon.

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *