2024-07-23

SGOnline

Bersinar & Informatif

Pendidikan Usia Dini Fokus pada Pencegahan Kekerasan Anak

1 min read

Cirebon, (SGOnline),-
Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Kadini, menyatakan bahwa kekerasan di kalangan anak-anak, terutama yang terlihat di media sosial, sering kali melibatkan banyak pihak dan bisa berdampak serius. Kekerasan ini berbeda dengan kekerasan fisik yang keras, namun tetap memiliki dampak yang signifikan.

Kadini menjelaskan, “Pendidikan adalah salah satu organisasi penting untuk tenaga pendidik, terutama untuk anak-anak usia dini di TK. Kami membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menangani kekerasan di sekolah.”

Pelatihan untuk para tenaga pendidik di sekolah-sekolah tingkat TK diadakan untuk memastikan mereka dapat mengatasi kekerasan di lingkungan sekolah dengan tepat. Kadini juga menekankan pentingnya kolaborasi antara sekolah dan orang tua dalam menangani isu kekerasan. Orang tua diharapkan dapat menyampaikan kekhawatiran mereka kepada sekolah, sehingga masalah dapat ditangani bersama.

Sejauh ini, upaya ini bertujuan agar tidak ada lagi kekerasan yang berakibat fatal. Ke depan, kurikulum khusus akan dirancang untuk mencegah kekerasan, termasuk di dalam pelajaran etika dan PPKn. Selain itu, ada juga program pembagian handphone dalam rangka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang juga diharapkan dapat membantu dalam pengawasan dan pencegahan kekerasan.

Kadini menambahkan, “Kami berharap dengan adanya kurikulum dan pelatihan khusus ini, kekerasan di sekolah dapat diminimalisir dan anak-anak dapat belajar dalam lingkungan yang aman dan nyaman.”

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *