2022-10-07

SGOnline

Bersinar & Informatif

Pemkot dan Lanal Cirebon Gelar Serbuan Vaksinasi dari Rumah ke Rumah

2 min read

CIREBON, (SGOnline).-

Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon bersinergi dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon akan melakukan serbuan vaksinasi langsung ke rumah warga (door to door).

Wakil Wali Kota Cirebon, Hj. Eti Herawati meminta agar protokol kesehatan (prokes) tetap dijaga usai mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Saya ucapkan terima kasih ke Danlanal yang sudah membantu percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon,” ungkap Eti usai meninjau vaksinasi yang diselenggarakan oleh Paguyuban Pasundan dan Lanal Cirebon di Stikes Mahardika, Kamis (7/20/2021).

Sinergi yang dilakukan dengan berbagai pihak membuat percepatan vaksinasi Covid-19 akhirnya bisa dilakukan di Kota Cirebon. Bahkan saat ini, lanjut Eti, vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon sudah mencapai 76,77 persen.

Penambahan juga terjadi setiap hari seiring dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang juga dilakukan setiap hari di berbagai tempat di Kota Cirebon. “Saya titip agar prokes tetap dijalankan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Eti juga sempat meminta kepada Danlanal Cirebon untuk bisa mendatangi rumah warga. “Melakukan jemput bola memberikan vaksinasi Covid-19 untuk warga yang tidak bisa keluar rumah. Khususnya orangtua,” tutur Eti.

Pola jemput bola ini, menurut Eti, bisa dilakukan di setiap RW di Kota Cirebon sehingga dapat mempercepat terbentuknya herd immunity di Kota Cirebon.

Stok aman

Sementara itu, Danlanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera, menjelaskan atas saran dari Wakil Wali Kota, mereka segera melakukan serbuan vaksinasi Covid-19 ke rumah-rumah warga. “Nanti ada tim yang melaksanakan untuk door to door,” kata Afif.

Untuk stok vaksin Covid-19 Afif meminta masyarakat tidak perlu khawatir. Pasalnya, mulai dari Sinovac, Pfizer, hingga Astrazeneca sudah masuk ke Cirebon. “Insya Allah stok aman. Alhamdulillah pemerintah pusat sudah mulai mengirimkan berbagai macam vaksin,” katanya.

Saat ini, lanjut Afif, stok vaksin yang ada di Lanal Cirebon sebanyak 5 ribu vial. Digunakan kesempatan tersebut seribu vial. Dalam waktu dekat akan datang lagi 10 ribu vial. “Stok vaksin TNI AL cukup,” ujarnya

Di tempat yang sama, Ketua Paguyuban Pasundan Kota Cirebon, Hediyana Yusuf menjelaskan vaksinasi Covid-19 yang digelar di Stikes Mahardika dalam rangka memperingati hari ulang tahun Paguyuban Pasundan. “Kami bekerja sama dengan Pemda Kota Cirebon dan Lanal Cirebon,” kata Hediyana.

Sebanyak seribu orang mendapatkan vaksin Covid-19 hari ini yang sebelumnya sudah mendaftarkan diri secara online. “Kita juga membuka pendaftaran offline, tapi hanya untuk 100 orang,” katanya. (Herwin/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.