2022-09-25

SGOnline

Bersinar & Informatif

Astra Group Ikut Peduli Pembangunan di Kota Cirebon

2 min read

CIREBON, (SGOnline).-

Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam pembangunan. Dengan sinergi, pembangunan di Kota Cirebon dapat berjalan dengan baik.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Hj. Eti Herawati, usai menghadiri penanaman pohon produktif di Kampung Berseri Astra di RW 08 Merbabu Asih Harjamukti, Kota Cirebon, Kamis (7/10/2021).

“Saya ucapkan terima kasih kepada Astra Group atas dukungan yang diberikan kepada Pemda Kota Cirebon,” kata Eti.

Hari ini, Astra Group melalui Asuransi Astra Buana memberikan 1.500 pohon produktif di RW 08 Merbabu Asih, Kota Cirebon.

Dijelaskan Eti, bantuan yang diberikan oleh Astra Grup bukan baru pertama kali dilakukan. Sebelumnya mereka juga telah memberikan pendampingan dan dukungan untuk UMKM di Kota Cirebon. “Sehingga UMKM di Kota Cirebon bisa berkembang,” tutur Eti.

Selanjutnya Eti berharap dengan bantuan pohon produktif yang diberikan hari ini dapat membuat Kota Cirebon menjadi lebih hijau lagi. Pemda Kota Cirebon, kata Eti, juga tidak bisa sendiri melakukan pembangunan. Dibutuhkan sinergi dengan berbagai pihak, termasuk pihak swasta.

Tanggung jawab sosial

Sementara itu, Astra Financial yang diwakili oleh Compliance & Risk Management Director Asuransi Astra, Adi Sepiarso, menjelaskan bantuan pohon produktif yang diberikan merupakan bagian dari tanggung jawab perusahaan.

Pihaknya memiliki 4 pilar kepedulian dan tanggung jawab sosial, yakni di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup dan UMKM.

Bantuan pohon produktif yang diberikan merupakan sinergi yang baik antara Pemda Kota Cirebon, warga dan Astra Group. “Kami juga sudah cukup lama bersinergi,” kata Adi.

RW 08 Merbabu Asih merupakan satu dari 113 kampung berseri astra (KBA). Bahkan KBA Merbabu merupakan KBA unggulan dan pada 2017 lalu pernah menjadi juara nasional.

Adi mengatakan, Astra juga berencana meneruskan kepedulian mereka ke daerah-daerah lain. “Kami akan meminta Pak Agus (ketua RW 08 Merbabu Asih) untuk sharing pengalaman supaya menginspirasi tempat-tempat lainnya,” kata dia.

Adapun pohon yang diberikan untuk kampung RW 08 Merbabu Asih merupakan pohon buah-buahan yang menyegarkan. Seperti pohon jambu, mangga gedong, jambu kristal, sawo, kopyor, dan pohon buah-buahan lainnya.

Sedangkan Ketua RW 08 Merbabu Asih, Kecamatan Harjamukti, Agus Supriono, menuturkan, sebagai kampung proklim mereka kini tengah mengajukan kembali desain pengembangan yang sempat tertunda karena pandemi. “Nantinya akan menjadi kampung wisata peduli lingkungan,” tutur Agus.

Terkait bantuan pohon produktif yang diberikan oleh Astra Group, Agus menjelaskan bantuan tersebut memiliki dua orientasi. Masing-masing orientasi terhadap ketahanan pangan dan penurunan gas emisi rumah kaca. (Herwin/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.