2024-04-13

SGOnline

Bersinar & Informatif

Moda Transportasi Motor Masih Jadi Favorit Pemudik, Meski Diintai Banyak Resiko

1 min read

CIREBON, (SGOnline).-

Sepeda motor tampaknya masih menjadi transportasi favorit bagi sebagian besar masyarakat untuk mudik. Meski merepotkan dan beresiko tinggi, namun terbukti arus mudik kali ini tetap didominasi kendaraan roda dua tersebut.

Cuaca panas yang sangat menyengat disertai terpaan angin yang cukup kencang sepanjang perjalanan, sama sekali tidak menyurutkan semangat mereka untuk pulang kampung maupun kembali ke tempat mereka bekerja. Bagi mereka merayakan hari Lebaran bersama keluarga dan handai taulan menjadi ‘menu’ wajib setiap tahun, apapun resikonya.

Pantauan di jalur Pantura Cirebon, puluhan ribu motor melintas dari arah Jakarta menuju ke sejumlah daerah di Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Bahkan tidak sedikit rombongan pemotor yang membawa anak-anak balita ditambah barang bawaan yang memenuhi bagian belakang motor mereka, Kamis (27/4/2023).

Sering terlihat anak-anak tertidur dalam perjalanan, yang sebetulnya sangat tidak nyaman dan membahayakan. Tapi, itulah cerita mudik selama Lebaran.

Seperti menjadi kebiasaan dan tentu keunikan di Indonesia, mudik dianggap seru menggunakan motor. Padahal, pemerintah maupun banyak pihak swasta yang menawarkan mudik gratis mengunakan transportasi masal seperti bus atau kereta. Lagi-lagi, banyak orang mudik menggunakan motor tetap menjadi pilihan.

Sulit untuk mengubah kebiasaan yang sudah lama terjadi ini, walaupun penuh resiko. Tapi, tetap perlu upaya menyadarkan masyarakat agar mudik menggunakan motor sebaiknya dihindari.

Memperbanyak program mudik gratis dan menambahkan transportasi masal adalah solusi yang tepat. Faktor keselamatan menjadi hal yang harus dipikirkan mudik menggunakan motor, terutama melibatkan anak-anak. (Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *