2024-07-23

SGOnline

Bersinar & Informatif

Kuliner Bubur Sop Ayam & Sejarah Tauco

3 min read

Oleh: Jeremy Huang Wijaya

来自不同生活背景的人的相遇产生了一种新的文化. Láizì bùtóng shēnghuó bèijǐng de rén de xiāngyù chǎnshēngle yī zhǒng xīn de wénhuà. Artinya pertemuan individu yang berlatar belakang berbeda dalam kehidupan menghasilkan budaya baru.

Terkejut ketika terima kabar kakak saya Yoel Wijaya masuk rumah sakit Putra Bahagia di Perumnas karena Sakit Pneumonia (paru-paru basah) waktu dapat kabar kakak saya masuk rumah sakit hari Minggu 17 September 2023 pukul 15.00 WIB.

Akhirnya pukul 17.00 WIB, saya bersama isteri dan Paulus Santoso pergi ke Cirebon lewat tol Cisumdawu hanya 1 jam setengah (satu jam setengah) kami sudah sampai di Cirebon, kami langsung makan nasi jamblang Ibu Tini depan PGC Pasar Pagi Cirebon untuk makan malam karena kami belum makan waktu berangkat dari Bandung, sekaligus membeli nasi Jamblang pesanan kakak saya. Nasi Jamblang ibu Tini depan PGC Pasar Pagi Cirebon adalah langganan lama ketika saya masih di Cirebon.

Sesudah kami makan nasi Jamblang yang selalu ramai dikunjungi, kami langsung ke Rumah Sakit Putra Bahagia di Perumnas Cirebon, kami hanya diberi waktu 5 menit untuk berkunjung kemudian kami balik ke Bandung, sebelum balik ke Bandung kami mampir makan Bubur Sop ayam M Kappi di Jl Tentara Pelajar Cirebon.

Bubur sop ayam M Kappi adalah langganan saya waktu di Cirebon. Istri saya juga penggemar bubur sop ayam M Kappi. Setiap kami berkunjung ke Cirebon, istri saya selalu minta makan bubur sop ayam. Jika pagi hari kami makan bubur sop ayam amanah di Pasar Pagi Cirebon, siang hari makan gado-gado ayam di Pulasaren Cirebon, kemudian makan nasi lengko Pagongan. Sore hari makan nasi Jamblang Ibu Tini depan PGC Pasar Pagi, tengah malam makan bubur sop ayam M Kappi di Tentara Pelajar. Itulah kegiatan kami jika berkunjung ke Cirebon.

Tetapi karena hari minggu itu berangkat sudah sore jadi kami hanya makan nasi Jamblang dan makan bubur sop ayam. Bubur sop ayam memiliki keunikan tersendiri ada bubur, kentang, tauco, ayam, kol, kaldu ayam, dan ada ati ayam, juga emping sebagai toping.

Bubur sop ayam adalah akulturasi kuliner Tiongkok (China) dengan tradisi setempat. Karena dalam bubur sop ayam ada tauco dan kecap. Seperti kita ketahui tauco adalah masakan khas Tiongkok China.

Di China tauco dikenal sebagai “doubanjiang” atau “taotjo”. Tauco ada yang menuliskan taoto atau taco adalah bumbu masakan yang terbuat dari biji kedelai direbus, kemudian dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu dibiarkan sampai tumbuh jamur (kita mengenal nya dengan istilah fermentasi).

Fermentasi tauco ini direndam menggunakan air garam, dijemur pada terik matahari selama 2 minggu sampai keluar aroma yang khas tauco atau rendaman berubah menjadi warna coklat kemerahan.

Tauco mengandung energi sebesar 166 kilokalori, protein 10,4 gram, karbohidrat 24,1 gram, lemak 4,9 gram, kalsium 55 miligram, fosfor 365 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Tauco juga terkandung vitamin A sebanyak 23 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Pedagang dari Tiongkok China yang membawa tauco ke Cianjur pada sekitar 1880. Tauco yang terkenal sejak 1880 Tauco Cap Meong buatan Tan Ken Hiang dan Tjoa Kim Nio menjadi pelopor tauco di Cianjur.

Di Pekalongan dan tegal ada soto Taoto yang hampir mirip dengan bubur Sop ayam. Tetapi Taoto di tegal dan Pekalongan tidak menggunakan bubur. Pulangnya kami membeli krupuk mars dan krupuk bawang untuk oleh oleh kawan di Bandung. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *