2024-12-07

SGOnline

Bersinar & Informatif

Kehilangan Barang di Stasiun atau Kereta? Ini Cara Mudah Lapor dan Temukan Barang Anda

CIREBON, (SGOnline),–
PT KAI Daop 3 Cirebon terus berkomitmen memberikan pelayanan prima melalui sistem Lost and Found, membantu pelanggan yang kehilangan atau tertinggal barang di kereta api maupun stasiun. Layanan ini dapat diakses langsung dengan melaporkan kepada petugas di stasiun, kondektur kereta, atau melalui Contact Center KAI 121.

Vice President Daop 3 Cirebon, Mohamad Arie Faturrochman, menjelaskan bahwa petugas kereta secara rutin mengingatkan penumpang untuk menjaga barang bawaan agar tidak tertinggal. Meski demikian, jika kehilangan terjadi, pelanggan bisa langsung melapor untuk dilakukan pencarian.

“Barang yang ditemukan akan diumumkan melalui pengeras suara di stasiun. Jika tidak diambil, barang akan disimpan di pos pengamanan stasiun dengan label barang temuan, diverifikasi, dan diinput ke dalam Database Lost and Found,” ujar Arie.

Sistem Lost and Found Online Mempermudah Pencarian
Sistem Lost and Found PT KAI sudah terhubung secara online dan dapat diakses di seluruh stasiun, sehingga mempermudah pelapor melacak barang mereka. Sepanjang Januari hingga Oktober 2024, tercatat ada 250 barang temuan dengan estimasi nilai mencapai Rp383 juta yang diamankan KAI Daop 3 Cirebon.

“Barang-barang yang sering ditemukan berupa elektronik, perhiasan, dokumen penting, hingga uang tunai. Semuanya telah berhasil dikembalikan kepada pemiliknya,” jelas Arie.

Sebagai perbandingan, pada 2023, ada 280 barang temuan dengan nilai estimasi Rp289 juta. Hal ini menunjukkan upaya KAI dalam menjaga kepercayaan pelanggan terus meningkat.

Prosedur Pelaporan Kehilangan Barang
Bagi pelanggan yang kehilangan barang:

Lapor langsung ke kondektur di kereta, petugas Polsuska di stasiun, atau hubungi Contact Center KAI 121.

Barang yang ditemukan akan diverifikasi sesuai laporan pelanggan.

Jika barang ditemukan, pelanggan akan dihubungi untuk pengambilan.

“Barang bawaan tetap menjadi tanggung jawab pelanggan, namun kami selalu berupaya maksimal membantu mengamankan barang tertinggal. Sistem Lost and Found adalah wujud layanan terbaik kami,” tutup Arie.

Dengan layanan ini, PT KAI Daop 3 Cirebon memberikan solusi nyata untuk memastikan kenyamanan dan kepercayaan pelanggan tetap terjaga.

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *