2024-04-13

SGOnline

Bersinar & Informatif

Kanga’s Escape dan Formula One Diperkenalkan dalam Seleksi O2SN Cabor Atletik Kid’s, Apa Itu?

2 min read

CIREBON, (SGOnline).-

Sebanyak 69 siswa dan 58 siswi SD negeri se-Kecamatan Kesambi mengikuti Seleksi O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) Cabor Atletik Kid’s di Stadion Bima Madya Kota Cirebon.

Pada kesempatan itu juga diperkenalkan dua nomor yang diperlombakan, yakni Kanga’s Escape dan Formula One. Diketahui, Kanga’s Escape adalah salah satu jenis olahraga atletik untuk anak-anak. Aktivitas di dalamnya, adalah lari bolak-balik yang terdiri dari kombinasi hurdles (lari gawang) dan sprint (lari jarak pendek). Biasanya, Kanga’s Escape diperkenalkan dalam materi Pendidikan, Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di sekolah dasar.

Untuk melakukan olahraga ini, anak-anak diminta berlari sejauh 40 meter. Nantinya, di tengah lintasan lari akan diberi papan atau penghalang, sehingga anak-anak harus melompat jika ingin melewatinya. Setiap lompatan antara satu penghalang ke penghalang lain memiliki jarak yang sama.

Secara umum, penghalangnya memiliki tinggi 50 sentimeter dengan jumlah rintangan yang bisa disesuaikan. Peserta juga akan memulai start dengan berdiri. Saat pertandingan dimulai, wasit akan meneriakkan aba-aba seperti “Mulai” atau “Yak”.

Sedangkan Formula One, lintasan berbentuk seperti sirkuit F1. Formula One juga merupakan modifikasi dari beberapa nomor cabang olahraga atletik. Di antaranya, rolling, sprint (lari jarak pendek), hurdles (lari gawang), dan slalom course (lari berkelok-kelok). Formula One pada umumnya dimainkan secara berkelompok dengan menggunakan start berdiri dengan lintasan berbentuk oval atau melingkar.

Nantinya, setiap kelompok akan diberikan ring atau gelang. Peserta dalam kelompok harus membawa gelang tersebut sambil berlari dan melintasi rintangan. Peserta pertama wajib memberikan gelang kepada peserta lain di kelompoknya setelah sampai di titik start. Kemudian, peserta kedua harus melanjutkan hal yang sama sampai semua peserta habis.

Tim pemenang adalah yang memiliki catatan waktu terpendek atau yang tercepat. Karena rintangannya lebih beragam dan lintasan lebih panjang daripada Kanga’s Escape, peserta wajib mengontrol kecepatan dan pengereman tubuh dengan baik agar tak mudah terjatuh.

Ketua seleksi sekaligus penanggung jawab Atletik Kid’s, Tarsim mengatakan, sebelum ke tingkat kota, masing-masing kecamatan menyeleksi di setiap kecamatan. “Nantinya diseleksi untuk mengikuti ke tingkat kota, kemudian diseleksi lagi untuk ke tingkat provinsi. Dari tingkat provinsi yang terpilih, untuk di tingkat nasional. Nanti kita rekap dulu nilainya untuk menentukan siapa saja di cabor Atletik Kid’s dari kecamatan Kesambi ini yang melangkah ke kota,” paparnya. (Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *