2024-07-22

SGOnline

Bersinar & Informatif

Hujan Deras, Bangunan SDN 1 Kedungdawa Ambruk

1 min read

Kabupaten, (SGOnline),-

Hujan deras yang melanda Kabupaten Cirebon, Jawa Barat pada Jumat (17/11/2023) malam, menyebabkan sebuah bangunan Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Kedungdawa ambruk. Kejadian ini terjadi pada bagian atap bangunan, mengakibatkan kerusakan serius.

Kondisi kayu atap dan penyangga plafon yang lapuk menjadi penyebab utama ambruknya bangunan. Kejadian ini membahayakan keberlangsungan kegiatan belajar mengajar, dan pihak sekolah telah melakukan langkah darurat.

Muhammad Arifin, Kepala SDN 1 Kedungdawa, Kabupaten Cirebon, mengatakan bahwa tanda-tanda kerusakan bangunan sudah terlihat sejak dua bulan terakhir. Meski sudah mengosongkan dua ruang kelas yang kondisinya dipertahankan, namun saat hujan deras terjadi, atap kayu yang lapuk tidak mampu menahan beban udara.

Terpaksa Dipindahkan

Saat ini pada Senin (20/11/2023), kegiatan belajar mengajar untuk kelas satu dan dua dipindahkan ke gedung serbaguna milik desa. Lebih dari enam puluh siswa belajar tanpa sekat, menggunakan meja kecil sebagai alas menulis. Meski kondisinya kurang nyaman, sekolah berharap segera mendapatkan perbaikan.

Wali kelas dua, Titi, menyampaikan bahwa kegiatan belajar mengajar digabungkan dalam satu tempat tanpa sekat, mengakibatkan gangguan dalam proses belajar. Suara guru yang menggema dan siswa sulit diarahkan menjadi kendala utama.

Peristiwa ambruknya ruang kelas ini menjadi sorotan, memaksa para siswa beradaptasi dengan kondisi darurat belajar yang tidak seperti biasanya. Saat ini, belum ada tanda-tanda perbaikan yang akan segera dilakukan, dan kekhawatiran terhadap kelangsungan kegiatan belajar mengajar.

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *