2024-02-27

SGOnline

Bersinar & Informatif

H Zaenal Muttaqin Hadiri Mapag Sri di Mundu Mesigit, Harapkan Hasil Panen Petani Berlimpah

2 min read

CIREBON, (SGOnline).-

Pemerintah Desa Mundu Mesigit, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, bersama dengan para petani dan warga desanya, mengadakan kegiatan adat leluhur “Mapag Sri.”

Ritual tersebut dilakukan menjelang dan setelah musim panen sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas hasil dan rezeki pada musim tahun 2023.

Kegiatan ini dihadiri Caleg DPR RI dari Nasdem, H. Zaenal Muttaqin Jabar 8 nomor urut 8, Indramayu, Kabupaten dan Kota Cirebon, bersama dengan perwakilan dari Muspika Kecamatan Mundu, Kapolsek, Danramil Astanajapura, Kuwu, tokoh masyarakat, RT, RW, tokoh pemuda, serta ribuan masyarakat yang ikut mengiringi prosesi arak-arakan buah menuju panggung hiburan.

“Petani dan warga desa mengadakan acara adat ini sebagai bentuk rasa syukur, yang diwujudkan melalui perayaan upacara ‘Mapag Sri’ dengan arak-arakan yang menampilkan hasil panen sawah mereka,” kata Kuwu Syarifudin, Desa Mundu Mesigit dalam pernyataannya kepada media pada Sabtu, (23/9/2023).

Kuwu Syarifudin menjelaskan, acara Mapag Sri berlangsung sukses dan meriah, diterima dengan luar biasa oleh masyarakat, berkat penggunaan budaya lokal dan kreativitas warga.

“Alhamdulillah, acara adat dan budaya leluhur tetap dilestarikan oleh masyarakat Desa Mundu Mesigit sebagai warisan tradisional dari leluhur. Ini adalah ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT melalui pelaksanaan ‘Mapag Sri’,” tambahnya.

Dia juga menegaskan pentingnya menjaga tradisi ini karena adat dan budaya adalah ciri khas setiap daerah dalam merayakan Mapag Sri.

Maka dari itu, perayaan Mapag Sri ini adalah simbol tradisi warga desa untuk mengungkapkan rasa syukur atas hasil panen dan berharap agar panen berikutnya lebih melimpah dan membawa berkah.

“Jadi, dengan doa dan usaha bersama, kita semua berharap agar hasil panen membawa berkah bagi seluruh petani,” jelasnya.

Kuwu Syarifudin juga mengucapkan terima kasih kepada Caleg Nasdem DPR RI, H. Zaenal Muttaqin, yang ikut hadir dan berinteraksi dengan warga Desa Mundu Mesigit dalam acara Mapag Sri sebagai salah satu bentuk pelestarian nilai budaya dan tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang kita.

“Semoga perayaan tradisi Mapag Sri ini menjadi momen untuk berdoa kepada Allah SWT sebagai ungkapan syukur atas hasil panen yang berlimpah, keberkahan rezeki, kebahagiaan, dan kesejahteraan para petani,” tambahnya.

Sementara itu, Caleg DPR RI Partai NasDem Dapil Jabar 8 nomor urut 8, H Zaenal Muttaqin, SH, atau yang biasa disapa HZM, ketika diminta tanggapannya mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Terlebih hal itu merupakan tradisi budaya leluhur yang masih lestari hingga kini.

“Alhamdulillah kami masih bisa menyaksikan tradisi atau adat budaya masyarakat, terutama di Desa Mundu Mesigit ini yang mengungkapkan rasa syukur mereka kepada Sang Maha Pencipta melalui Mapag Sri. Semoga harapan warga desa dapat terwujud dengan hasil panen yang berlimpah, bebas hama, dan harga padi yang kompetitif, sehingga kehidupan warga petani makin sejahtera,” ungkapnya. (Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *