2022-09-27

SGOnline

Bersinar & Informatif

AKBP M. Fahri Siregar Hadiri Upacara Peringati Hari Kesaktian Pancasila

2 min read

CIREBON, (SGOnline).–

Kepala Kepolisian Polres Cirebon Kota, AKBP M. Fahri Siregar menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 melalui virtual bertempat di Ruang Adipura Balaikota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jumat (1/10/2021).

Selaku Irup (Inspektur Upacara) dalam kegiatan tersebut, yaitu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, untuk virtual zoom meeting dengan tema “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila” yang diikuti Sekda Kota Cirebon, Kapolres Cirebon Kota, perwakilan Kejari Kota Cirebon, Kasdim 0614/Kota Cirebon, Kadisdik Kota Cirebon, Kadispora Kota Cirebon dan Asisten Administrasi Umum Kota Cirebon.

Kapolres Cirebon Kota AKBP M. Fahri Siregar melalui Kasi Humas Ciko, Iptu Ngatidja, mengatakan, upacara itu dimaksudkan untuk mengenang para pahlawan revolusi yang gugur dalam tragedi nasional pada tahun 1965. Ia mengingatkan, bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri.

“Dalam perjalanan sejarah bangsa, banyak sekali rongrongan baik dari dalam maupun luar negeri. Dengan peringatan Kesaktian Pancasila ini, diharapkan semangat tekad jiwa Bhinneka Tunggal Ika yang berlandaskan Pancasila semakin melekat kepada para pemuda penerus bangsa, sehingga bangsa Indonesia ini tetap utuh dalam satu kesatuan,” harap pamen jebolan Akpol 2002 ini.

Dijelaskannya, negara ini memiliki banyak sekali sejarah, dengan sejarah itu dapat dijadikan pelajaran ke depan supaya tidak terjadi lagi. “Terkait pandemi Covid-19, Upacara Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan berlangsung singkat dan menerapkan protokol kesehatan, untuk menimalisir kerumunan sebagai kilas balik tentang peristiwa yang terjadi pada tahun 1965 yang dikenal dengan Gerakan 30 September,” tutur Iptu Ngatidja.

Sementara di tempat berbeda, yakni Aula Bhayangkari Polres Cirebon Kota juga berlangsung Upacara Virtual dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021. Kegiatan tersebut dipimpin Kabag SDM Polres Cirebon Kota, diikuti seluruh kabag, kasat dan kasi jajaran Polres Cirebon Kota. (Ruddy/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.