2024-11-12

SGOnline

Bersinar & Informatif

Ulang Tahun ke-8, KA Ranggajati Hadir dengan Kereta Ekonomi New Generation yang Lebih Nyaman

Cirebon, (SGOnline),-
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon merayakan ulang tahun ke-8 KA Ranggajati yang melayani rute Cirebon-Jember PP. Memperingati momen spesial ini, KAI memperkenalkan peningkatan sarana KA Ranggajati dengan mengganti kereta kelas bisnis menjadi kereta Ekonomi New Generation, hasil modifikasi Balai Yasa Manggarai.

“Hari ini menjadi momen istimewa bagi KA Ranggajati yang telah beroperasi selama delapan tahun. Pergantian kelas bisnis dengan kereta ekonomi new generation ini merupakan langkah KAI untuk meningkatkan pelayanan bagi para pelanggan,” jelas Rokhmad Makin Zainul, Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon.

Kereta Ekonomi New Generation yang kini digunakan KA Ranggajati memiliki kelebihan dalam kenyamanan dan fasilitas, seperti tempat duduk captain seat dengan konfigurasi 2-2, sandaran yang dapat diatur kemiringannya, dan kursi yang dapat berputar mengikuti arah laju kereta. Setiap gerbong menyediakan 72 tempat duduk.

Perubahan sarana ini juga meningkatkan kapasitas KA Ranggajati. Sebelumnya, formasi rangkaian terdiri dari 5 kereta eksekutif, 4 kereta bisnis, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit dengan total kapasitas 506 tempat duduk. Kini, setelah pergantian dengan kereta ekonomi new generation, kapasitas bertambah menjadi 538 tempat duduk.

“Kami juga memperbarui desain interior dengan Public Information Display System (PIDS) untuk menampilkan suhu ruangan, serta memperbarui bagasi dan nuansa interior agar lebih cerah dan modern, menyerupai kereta eksekutif,” tambah Rokhmad. Diharapkan peningkatan fasilitas ini menambah daya tarik masyarakat untuk memilih kereta api sebagai moda transportasi utama mereka.

Selain pada KA Ranggajati, sarana kereta ekonomi new generation juga akan digunakan pada KA Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir. Pemesanan tiket untuk KA Ranggajati dan Argo Cheribon dapat dilakukan 45 hari sebelum keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, atau mitra resmi KAI.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat bisa menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI di 121, WhatsApp di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *