2024-06-20

SGOnline

Bersinar & Informatif

Puluhan Calon PMI Desak Polres Ciko Segera Usut Kasus Penipuan yang Menjerat Mereka

1 min read

CIREBON, (SGOnline).-

Puluhan perwakilan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) didampingi kuasa hukum dari Maps Lawyers mendatangi Mako Polres Cirebon Kota (Ciko) guna meminta kejelasan kasus dugaan penipuan, Kamis (7/9/2023).

Kuasa hukum dari Maps Lawyers Indonesia, Nurita SH, mengatakan ratusan orang CPM ingin bertemu langsung pihak kepolisian di Unit Reskrim.

“Hasil pertemuan, pihak kepolisian berjanji akan segera memproses kasus tersebut. Alhamdulillah sudah masuk ke tahap penyidikan. Kita tunggu nanti hasilnya,” ujarnya.

Nurita menilai, kepolisian lamban dalam menangani kasus. Padahal pihaknya sudah menyerahkan alamat lengkap keberadaan E, baik di Cirebon, Indramayu maupun Jakarta.

“Akhirnya Polres Cirebon Kota sendiri berjanji untuk mempercepat proses penanganan kasus calon tenaga kerja Indonesia ini,” lanjutnya.

Menurut Nurita, terdapat 3 tuntutan yang dibawa perwakilan tenaga kerja Indonesia, antara lain, mendesak Polres Cirebon Kota untuk segera menangkap kedua oknum penipu tersebut.

Selain itu, lanjutnya terlebih pelaku telah menipu 300 CPMI dari berbagai daerah. Kerugian masing-masing CPMI antara Rp 50 juta sampai 100 juta.

Sementara itu, salah satu korban penipuan CPMI, warga Indramayu, Dasmo mengaku, telah menyetorkan uang sebesar Rp 100 juta kepada pelaku untuk memberangkatkan anak dan saudaranya kerja di Polandia.

Dasmo tergiur tipu daya E yang menjanjikan keluarganya kerja di pabrik pengolahan ikan di Polandia dengan gaji Rp 15 juta per bulan.

Dasmo hanya menuntut surat-surat penting dikembalikan. Agar, anak dan keluarganya bisa mencari pekerjaan kembali. “Minimal surat kembali ke kami. Biar kami bisa mencari pekerjaan lain,’ ungkapnya. (Herwin/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *