2024-07-23

SGOnline

Bersinar & Informatif

Progres Coklit Data Pemilih di Kota Cirebon Mencapai 85%

2 min read

Cirebon, (SGOnline),-
Proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di Kota Cirebon sedang berlangsung dan dijadwalkan berakhir pada 24 Juli mendatang. Tahapan penting ini dimulai sejak 24 Juni 2024 dan bertujuan memastikan akurasi data pemilih dalam pemilu yang akan datang.

Komisioner KPU Kota Cirebon, Yogi, mengungkapkan, “Alhamdulillah, per hari kemarin kami sudah mencapai 85% dari target. Kami berharap proses verifikasi dan pencocokan data pemilih ini bisa selesai pada minggu ini.”

Yogi menjelaskan bahwa kesuksesan coklit ini tidak hanya berkat kerja keras KPU, tetapi juga berkat dukungan dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk RT, RW, lurah, camat, dan tokoh masyarakat. “Alhamdulillah, kali ini kami bisa melakukan pencocokan data untuk keluarga Pak Wali, Pak Agus Mulyadi, dan disambut dengan baik. Hasilnya nanti akan diplenokan di rapat PPS untuk menjadi daftar pemilih sementara (DPS),” jelasnya saat melakukan coklit di kediaman ruma dinas Pj. Walikota, Jumat (5/7/2024).

Setelah DPS ditetapkan, data akan diperbaiki jika ada masukan, dan akhirnya menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Yogi menyebutkan bahwa di beberapa kelurahan di Kota Cirebon, angka coklit sudah mencapai 80%.

“Tentunya kita juga sudah mendata pemilih baru dari data DP4. Meskipun angka pastinya belum bisa kami konfirmasi, setelah selesai coklit nanti, data pemilih baru akan terlihat,” tambah Yogi.

Terkait kendala yang dihadapi, Yogi menyebutkan bahwa sinkronisasi data menjadi tantangan utama. “Setelah data dimasukkan ke dalam sistem e-Coklit, sering kali terjadi gangguan teknis. Namun, alhamdulillah, masalah ini masih bisa diatasi,” tuturnya.

Yogi juga menyoroti bahwa kendala teknis seperti masalah server sering kali menjadi hambatan, tetapi hal tersebut dapat ditangani oleh tim di lapangan.

Dengan progres yang signifikan ini, KPU Kota Cirebon optimis bisa menyelesaikan tahapan coklit tepat waktu dan memastikan data pemilih yang akurat untuk pemilu mendatang.

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *