2022-09-25

SGOnline

Bersinar & Informatif

Pecahan Keramik, Logam dan Tulang Manusia Ditemukan di Alun-alun Kasepuhan

1 min read

CIREBON, (SGOnline).–

Puluhan pecahan keramik dan logam yang disinyalir sebagai benda peninggalan sejarah, termasuk sejumlah potongan tulang belulang manusia ditemukan saat proses revitalisasi Alun-alun Keraton Kasepuhan Cirebon yang tengan dilakukan saat ini.

Wakil Panglima Laskar Agung Macan Ali Cirebon, Rusmaya, menjelaskan, temuan pecahan keramik dan logam itu diawali rasa penasaran dirinya. “Bagaimana pun alun-alun ini merupakan tempat qisos, tempat hukuman, Alun-alun Sangkala Buana, jadi saya penasaran ingin tahu apa saja yang ada di dalam tanahnya,” katanya, kepada wartawan, Senin (23/8/2021).

Oleh karena itu, saat proses penggalian lahan Alun-alun Kasepuhan dengan alat berat, ia berusaha mencari jawaban atas rasa penasarannya. Ternyata dugaannya terbukti dengan ditemukannya sejumlah benda bersejarah.

Bahkan ada juga tulang belulang yang diduga berasal dari bagian tubuh manusia. “Awalnya ada tulang. Kalau dilihat sepertinya bagian tulang kering kaki manusia,” terang Rusmaya.

Sementara itu, Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali Cirebon, Prabu Diaz mengaku, akan segera melaporkan temuan benda bersejarah ini kepada pihak-pihak yang lebih berwenang. “Di Alun-alun Kasepuhan yang sekarang sedang direvitalisasi ini ditemukan barang-barang yang menurut kami, usianya sekitar 800 tahun,” tuturnya.

“Kami akan serahkan kepada pemerintah. Apa langkah-langkah pemerintah selanjutnya. Apakah akan dilakukan penggalian dan penelitian ataukah tidak, itu kami serahkan kepada pemerintah,” ungkap dia. (Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.