2022-10-07

SGOnline

Bersinar & Informatif

Pangeran Makmur: Dukungan Keluarga Mertasinga ke Rahardjo Djali Bukan Formalitas

1 min read

CIREBON, (SGOnline).-

Pernyataan Pangeran Basmudin Arkaningrat di sejumlah media yang menyebut jika dukungan keluarga Mertasinga terhadap Rahardjo Djali sebagai Sultan Keraton Kasepuhan hanya formalitas, langsung dibantah sesepuh Mertasinga.

Menurut Pangeran Makmur Kartakusuma, selaku sesepuh Mertasinga trah Kasepuhan menandaskan, jika Pangeran Basmudin adalah benar bagian dari keluarga Mertasinga, hanya saja jika merunut dari silsilah, Pangeran Basmudin merupakan trah keturunan dari Kesultanan Kanoman.

“Ibunda kandung Pangeran Basmudin itu menikah dengan Pangeran Agung Adijaya, yang merupakan keluarga trah Kanoman, sehingga secara silsilah Pangeran Basmudin termasuk sebagai trah Kanoman,” ungkap Makmur, Rabu (15/9/2021).

Makmur menandaskan, dukungan terhadap Rahardjo Djali sebagai Sultan Kasepuhan tersebut merupakan dukungan kolektif yang dikuatkan dengan surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai oleh seluruh keluarga Mertasinga dari trah Kasepuhan.

“Kami tegaskan di sini, yang menyatakan dukungan terhadap Sultan Aloeda II bukan aspirasi segelintir orang, tapi semua elemen keluarga besar Mertasinga trah Kasepuhan. Oleh karena itu, pernyataan Pangeran Basmudin yang menyatakan segelintir orang saja yang mendukung itu tidak benar. Soalnya, hampir 30 orang yang mewakili keluarga Mertasinga menandatangani surat pernyataan di atas materai,” papar dia.

Menyikapi kondisi yang terjadi, Pangeran Makmur mengajak seluruh djuriah atau keturunan Sunan Gunung Jati untuk senantiasa mengingat kembali petuah Sunan Gunung Jati ‘ang adonan ing pepadu’ (jauhkanlah pertikaian atau silang pendapat yang mengakibatkan perpecahan antara kita). (Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.