2022-10-07

SGOnline

Bersinar & Informatif

Kepsek Harus Bisa Terapkan Manajemen agar Sekolah Lebih Maju

2 min read

CIREBON, (SGOnline).-

Setiap kepala sekolah diminta menerapkan manajemen yang baik untuk kemajuan sebuah sekolah. Komunikasi yang baik juga perlu dilakukan untuk menambah wawasan dan pengalaman.

Pesan tersebut disampaikan Wali Kota Cirebon, H Nashrudin Azis, saat pelantikan pejabat Kepala Sekolah dan Pengangkatan Pertama Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon, Rabu (27/10/2021) di ruang Adipura Kencana, Balai Kota Cirebon.

“Hari ini saya melantik bapak dan ibu guru sebagai kepala sekolah serta ada pergeseran dari fungsional satu ke fungsional yang lain,” kata Azis.

Untuk para guru yang dilantik menjadi kepala sekolah, menurut Azis, mereka mendapatkan tugas tambahan. Untuk itu mereka diminta untuk bekerja lebih giat lagi dibandingkan sebelumnya.

Fokus kerja pun kini berubah. Tidak hanya memikirkan peningkatan kemampuan intelektual dan budi pekerja anak didik, namun juga memikirkan bagaimana agar sekolah yang dipimpin dapat lebih maju dan berkualitas.

“Berarti bapak dan ibu perlu melakukan penerapan manajemen pendidikan yang baik,” tutur Azis. Sehingga anak didik menjadi berkualitas dan sekolah pun menjadi lebih maju.

Azis juga meminta kepada bapak dan ibu kepala sekolah untuk lebih banyak melakukan komunikasi. “Baik komunikasi ke samping, ke atas maupun ke bawah,” ucapnya Azis.

Dengan melakukan komunikasi yang intens tentunya akan didapat lebih banyak lagi informasi. Melalui jalinan komunikasi yang baik dengan semua pihak maka dapat memperkaya wawasan dan pengalaman dalam mengemban tugas sebagai kepala sekolah.

Skala nasional

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Irawan Wahyono, menjelaskan sebanyak 7 orang hari ini dilantik menjadi kepala sekolah. “Sebelumnya mereka sudah melalui sejumlah proses,” ungkap Irawan. Yaitu mengikuti seleksi kepala sekolah skala nasional yang dilakukan oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala sekolah (LP2KS).

Dinas Pendidikan Kota Cirebon, lanjut Irawan, juga tetap mempersiapkan sebanyak 44 kepala sekolah hingga 2024 mendatang. Persiapan kepala sekolah ini seiring dengan kebutuhan mengingat ada kepala sekolah yang pensiun atau pun yang meninggal dunia.

Untuk kepala sekolah yang baru dilantik, Irawan juga berharap mampu memimpin sekolah dengan baik. “Karena kualitas pendidikan tercermin di satuan pendidikan atau sekolah,” ujarnya.

Selain melantik 7 kepala sekolah, turut dilantik pula dua orang fungsional masing-masing di UPT farmasi pada Dinas Kesehatan dan fungsional di Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Cirebon. (Herwin/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.