2022-12-03

SGOnline

Bersinar & Informatif

Kelurahan Kesenden Segera Miliki BLK Komunitas, Ruli: Untuk Pemberdayaan Warga

1 min read

CIREBON, (SGOnline).-

Anggota Komisi IX DPR RI, Hj. Netty Prasetiyani Heryawan didampingi Lurah Kesenden, Ruliyanto melakukan peletakkan batu pertama pembangunan BLK Komunitas di Kampung Baru, RW 01 RT 07, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Kamis (4/11/2021).

Netty menjelaskan, pembangunan BLK Komunitas merupakan program kemitraan antara Komisi IX DPR RI dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI. Selain itu, pembangunan BLK Komunitas ini menggandeng Yayasan Siti Hajar.

“BLK Komunitas ini sesuai dengan namanya, memang diberikan kepada yayasan yang memenuhi syarat pendirian BLK,” ungkap Netty

Dia menjelaskan, salah satu syarat yang harus dimiliki yayasan untuk mendapatkan BLK ini diantaranya memiliki luas tanah 500 meter persegi, memiliki sertifikat serta kelengkapan pengurus serta siap mengikuti petunjuk teknis yang sudah dibuat oleh Kemenaker RI.

Netty berharap, BLK Komunitas selain merupakan pusat belajar masyarakat di Kelurahan Kesenden juga fiharapkan bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.

“Pelatihan yang diberikan pemerintah berlangsung satu sampai dua tahun saja. Selebihnya harus membangun jejaring, bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak agar berbagai jenis pelatihan bisa diselenggarakan di BLK ini”, terangnya.

Ditempat terpisah, Lurah Kesenden, Rulliyanto mengucapkan rasa terima kasihnya serta mengapresiasi Kemenaker dan Netty yang telah bekerjasama dengan Yayasan Siti Hajar yang membangun BLK Komunitas di Kelurahan Kesenden.

“Harapan saya ada sinergitas antara BLK dengan program pemberdayaan yang ada di tingkat kelurahan. Sekaligus juga akan coba menaikan potensi pelaku usaha dan keterampilan di kelurahan sehingga berdaya saing menghadapi era digitalisasi ke depan,” pungkasnya. (Ruddy/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *