2022-09-25

SGOnline

Bersinar & Informatif

Eti: SDM Berperan Penting dalam Pengembangan Sektor Pariwisata

2 min read

CIREBON, (SGOnline).-

Sumber daya manusia (SDM) memegang peranan penting dalam pengembangan pariwisata. SDM merupakan motor penggerak pariwisata di Kota Cirebon.

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati saat membuka Pelatihan Sumber Daya Manusia Pariwisata tingkat Kota Cirebon, Selasa (26/10/2021) menjelaskan SDM berperan penting dalam pengembangan pariwisata. “SDM pada industri pariwisata ibarat motor penggerak,” tutur Eti. Yaitu motor penggerak kelangsungan industri sekaligus pelaku utama yang menciptakan produk inti pariwisata tersebut.

Untuk dapat menciptakan SDM yang berkualitas di industri pariwisata maka solusi yang harus ditempuh yaitu dengan meningkatkan kompetensi SDM nya. Peningkatan kualitas dilakukan melalui pelatihan dan pembinaan yang tepat untuk SDM yang bergerak di bidang pariwisata, khususnya di Kota Cirebon.

Ditambahkan Eti, sektor pariwisata di Kota Cirebon harus terus dikembangkan. “Apalagi Kota Cirebon memiliki banyak potensi wisata dengan keunikan dan keunggulannya,” tutur Eti. Kota Cirebon memiliki keraton lengkap dengan adat istiadat, seni dan budayanya. Tidak hanya itu, kuliner di Kota Cirebon juga beragam. Semua potensi yang dimiliki diyakini Eti mampu menarik kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon.

Kota Cirebon, lanjut Eti, juga terus berupaya untuk membangun sektor kepariwisataan. Yaitu dengan melaksanakan pembangunan destinasi pariwisata tingkat Kota Cirebon dengan sistematis, terencana, terpadu dan berkelanjutan. “Pariwisata menjadi salah satu orientasi pembangunan di Kota Cirebon untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Eti.

Eti juga yakin, pariwisata di Kota Cirebon dapat bangkit dengan cepat di masa pandemi Covid-19. “Dengan semangat gotong royong yang kita miliki, sektor pariwisata di Kota Cirebon akan bangkit kembali,” tutur Eti.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Agus Suherman, menjelaskan dengan pelatihan yang diberikan mulai hari ini hingga 28 Oktober 2021 mereka berharap teman-teman yang berada di lokasi wisata dapat mempersiapkan diri. “mereka dapat mempersiapkan diri untuk meningkatkan potensi yang ada di wilayah mereka sebagai destinasi wisata,” tutur Agus. Melalui pelatihan yang diberikan Agus juga berharap orang-orang yang bergerak di bidang pariwisata memiliki kesadaran wisata. (Herwin/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.