2022-05-21

SGOnline

Bersinar & Informatif

BAZ Kabupaten Cirebon Raih Penghargaan

2 min read

Kabupaten, SGOnline.- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), memberikan penghargaan kepada BAZ Kabupaten Cirebon, berupa BAZNAS Award, Rabu (19/1/2022).

Penghargaan tersebut berupa pelayanan pendistribusian terbaik se-Indonesia. Pemberian penghargaan diberikan saat BAZ Kabupaten Cirebon memperingati Milad yang ke-21 tahun. Hadir dalam acara tersebut, Bupati Cirebon, Imron, Plt BAZ Kabupaten Cirebon Ahmad Zaeni, serta undangan lainnya.

Bupati Imron dalam sambutannya mengaku tidak heran kalau BAZ Kabupaten Cirebon meraih penghargaan dari BAZNAS. Karena, selama ini BAZ sudah banyak membantu program Pemkab Cirebon. Salah satunya, membantu dalam proses pengentasan kemiskinan. BAZ Kabupaten Cirebon juga sudah diakui keberadaannya, karena mampu mensejahterakan masyarakat yang kurang mampu.

“BAZ Kabupaten Cirebon itu punya beberapa program strategis. BAZ juga telah mampu mengidentifikasikan kebutuhan permasalahan masyarakat, yang dituangkan kedalam aksi pemberdayaan masyarakat. Ini untuk mewujudkan mayarakat yang sejahtera,” kata bupati

Imron menyebutkan, salah satu program Pemkab Cirebon, yaitu kepedulian kepada masyarakat yang kurang mampu, sudah berjalan. Hal itu karena peran BAZ yang sangat besar, sehingga program tersebut bisa berjalan lancar. BAZ Kabupaten Cirebon bisa berperan sangat penting dan bisa mengembangkan perannya dalam mengumpulkan dana dari umat terkait masalah zakat, infak, dan sodakoh.

“Kalau Pemda memang terbatas untuk bisa mengelola program ini. Justru dengan adanya BAZ, perannya sangat penting sekali, sehingga persoalan pengumpulan zakat, infak, dan sodakoh bisa ditanggulangi,” jelasnya

Imron menilai, vitalnya keberadaan BAZ Kabupaten Cirebon memang beralasan dengan era globalisasi seperti sekarang ini. Dulu, orang mampu dengan kesadaran mendatangi ustad atau langsung ke masyarakat untuk memberikan zakat, infak atau sodakohnya. Tapi zaman semakin maju, menyebabkan banyak orang kaya yang sibuk dan lupa pada zakatnya.

“Nah dengan adanya BAZ Ini, justru bisa membantu orang orang yang sibuk supaya ingat akan kewajiban mencuci hartanya. Saya harap kedepan BAZ semakin banyak terobosan dan semakin bisa memberikan informasi kepada masyarakat, untuk bisa menyalurkan kewajibannya lewat BAZ. Saya juga bangga, hasil audit, ternyata BAZ Kabupaten cirebon meraih wajar tanpa pengecualian,” terangnya.

Disisi lainnya, Plt Baznas Kabupaten Cirebon, Ahmad Zaeni menyebutkan, sangat berterimakasih kepada Almarhum Gusdur. Almarhumlah yang menerbitkan surat keputusan pembentukan BAZNAS secara nasional. Tugasnya mengelola keuangan infak, zakat dan sodakoh. Sedangkan penghargaan BAZNAS Award berbarengan dengan periode terakhir kepengurusan BAZ Kabupaten Cirebon.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada para amilin, yang terus berjuang mengumpulkan zakat, infak dan sodakoh. Mereka bekerja keras, sehingga pendistribusian kepada masyarakat yang kurang mampu bisa tercapai,” imbuhnya. (Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.