2023-12-01

SGOnline

Bersinar & Informatif

Antisipasi Bahaya Kebakaran di TPA Kopiluhur: Petugas Terus Waspada Meski Angin Kencang

1 min read

Cirebon, (SGOnline),-
Kepulan asap tebal terus menggelayut di langit di atas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kopiluhur, Kota Cirebon, hingga menjelang siang. Kondisi ini menyisakan potensi bahaya kebakaran yang terus memprihatinkan warga setempat.

Kebakaran yang sebelumnya melanda TPA Kopiluhur masih meninggalkan percikan api kecil yang mengintai kesempatan untuk berkobar kembali. Terlebih lagi, cuaca panas dan angin yang bertiup kencang masih memberikan tantangan serius.

Asap tebal terus menguasai langit di TPA Kopiluhur, yang terletak di Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, bahkan hingga siang hari.

Upaya pengendalian situasi ini terus berlanjut dengan penggunaan alat berat untuk membantu dalam pemisahan sampah kering yang memiliki risiko tinggi terbakar dan berpotensi menyebabkan kebakaran baru.

Kebakaran di TPA Kopiluhur juga masih menggelontorkan percikan api kecil dan bara api di dalam tumpukan sampahnya. Namun, proses pemadaman telah memasuki tahap pendinginan.

M. Luthfi Iqbal, Kabid Pengendalian Pemadaman dan Penyelamatan Damkar Kota Cirebon, menjelaskan bahwa meskipun angin saat ini cukup kencang, potensi kebakaran susulan di TPA Kopiluhur dapat diantisipasi.

“Para petugas gabungan tetap berjaga di lokasi TPA untuk melakukan pemantauan,” katanya pada Selasa (26/9/2023).

Iqbal juga menekankan bahwa selama insiden kebakaran di TPA Kopiluhur, aktifitas mobil sampah dari Tempat Pengumpulan Sampah (TPS) ke TPA tidak terganggu.

“Mobil bak sampah dapat terus melakukan pembuangan di area yang tidak terkena dampak kebakaran, seperti di bagian barat TPA Kopiluhur,” imbuhnya.

(Andi/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *