2022-09-25

SGOnline

Bersinar & Informatif

Alhamdulillah, Pemkot Cirebon Terima Bantuan 40 Ekor Sapi

2 min read

CIREBON, (SGOnline).-

Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon terima bantuan 40 ekor sapi. Diharapkan bantuan bisa terus berkembang untuk ketersediaan pangan berkualitas di Kota Cirebon.

Bantuan sapi dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian diterima oleh Wakil Wali Kota Cirebon, Hj. Eti Herawati di Balai Peternakan, Argasunya, Kota Cirebon, Rabu (3/11/2021). “Alhamdulillah, kita mendapatkan bantuan 40 ekor sapi dari Kementerian Pertanian,” tutur Eti.

Dari jumlah tersebut sebanyak 20 ekor dialokasikan untuk Balai Peternakan sedangkan 20 ekor lainnya diberikan untuk kelompok peternak sapi yang ada di Argasunya. Atas bantuan yang diberikan Eti mengucapkan terima kasih dan berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk peternak sapi di Kota Cirebon.

Dijelaskan Eti, sekalipun daerahnya kecil, namun Kota Cirebon memiliki program yang sudah eksis. Baik itu peternakan, tanaman, perikanan dan lainnya. Kondisi ini yang membuat Kementerian Pertanian mempercayakan bantuan sapi kepada Pemda Kota Cirebon. Bantuan sapi tersebut diharapkan terus berkembang sehingga tercipta kemandirian dan ketersediaan pangan berkualitas di Kota Cirebon.

Sementara itu, Loka Setia, B-Vet Subang, Ditjen PKH Kementerian Pertanian menjelaskan sapi yang diberikan merupakan sapi jenis lokal. “Kami harapkan bantuan ini bisa terus berkembang,” tutur Loka.

Sebelum memberikan bantuan, pihaknya telah terlebih dahulu menilai kesiapan kelompok untuk menerima sapi. Mulai dari kesiapan lahan, kandang, sumber daya air, pakan dan lainnya. “Mudah-mudahan berkembang terus,” tutur Loka. Sehingga dapat menghasilkan keturunan yang kemudian bisa dikembangkan lagi oleh peternak.

Sedangkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Cirebon, Ir. Hj. Yati Rohayati juga berharap bantuan yang diberikan dapat berkembang. “Bila dipelihara dengan bagus dan menghasilkan bibit ternak yang lebih baik, kami bisa mengajukan kembali bantuan ke pemerintah pusat,” tutur Yati. Untuk itu Yati meminta kelompok ternak yang sudah diberikan amanah untuk bisa memelihara dengan baik sapi yang sudah diberikan. (Herwin/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.