2024-05-18

SGOnline

Bersinar & Informatif

Aktivis Lingkungan Hidup Desak Aparat Penegak Hukum Usut Tuntas Tragedi Septic Tank di CSB Mall Cirebon

1 min read

CIREBON, (SGOnline).-

Aktivis lingkungan hidup di Cirebon mendesak Aparat penegak hukum setempat untuk mengusut tuntas tragedi tewasnya empat orang teknisi yang terjadi di CSB Mall, dimana septic tank yang menimbulkan korban.

Insiden tersebut telah menarik perhatian publik dan menjadi sorotan karena menyangkut keselamatan dan kesehatan lingkungan.

Prabu Diaz, Sekretaris Jenderal Forum Lingkungan Hidup Budaya Nuswantara, menuntutnya agar penyelidikan dilakukan secara menyeluruh untuk menentukan penyebab pasti dari tragedi tersebut, Kamis, (11/4/2024)

Langkah-langkah antisipasi yang baik sangat penting untuk mencegah kecelakaan serupa terjadi di masa mendatang. Hal ini termasuk dalam hal pelatihan yang menyeluruh bagi petugas, penggunaan peralatan pelindung diri, serta pemeriksaan rutin terhadap area kerja dan peralatan.

“Kami mendesak aparat penegak hukum untuk tidak hanya fokus pada penyebab tewasnya empat orng teknisi septic tank, tapi juga memeriksa standar keselamatan dan kesehatan lingkungan yang diterapkan oleh CSB Mall. Ini adalah masalah serius yang berpotensi mengancam kesehatan publik,” ujarnya

Insiden ini diharapkan menjadi pengingat bagi semua pihak terkait untuk selalu memprioritaskan keselamatan dan kesehatan lingkungan, serta memastikan bahwa tragedi serupa tidak terulang di masa depan.

Kami juga akan mendorong adanya evaluasi dan perubahan dalam praktik keselamatan kerja, serta pelaporan kepada institusi yang lebih tinggi di tingkat provinsi maupun pusat. Semua ini demi mencegah terulangnya tragedi serupa di masa depan.

Keempat pekerja yang meninggal dunia tidak boleh sia-sia. Tragedi ini harus menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan kerja di lingkungan yang berpotensi membahayakan seperti tangki septik. (Herwin/SGO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *